PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BEAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 5 PASURUHAN LOR
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapatnya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan media pembelajaran puzzle bangun datar pada mata pelajaran matematika kelas IV SD 5 Pasuruhan Lor. Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian kuantitatif preexperimental designs (non designs), dengan tipe one-group pretest-postes. Penelitian ini dilakukan selama tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi buat mengetahui aktivitas siswa dan guru pada pelaksanaan proses belajar, tes (sebelum dan sesudah) penerapan media puzzle bangun datar untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap materi, sedangkan dokumentasi pengumpulan data yang relevansi pada penelitian. Terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran Puzzle bangun datar pada pelajaran matematika siswa kelas IV SD 5 Pasuruhan Lor, yang berjumlah 21 siswa. Hasil pretest sebesar 23,8%, dan hasil posttest 85,71%. Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran Puzzle bangun datar pada mata pelajaran matematika ditunjukan pada analisis uji hipotesis yaitu perhitungan yang diperoleh ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” 7,236 > ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ 2,085, maka (Ha) diterima dan (Ho) tidak diterima.
Article Details
Aroya, R. (2013). Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Peningkatan Kemampuan Calistung Peserta Didik Pendidikan Keaksaraan Fungsional Tingkat Dasar di UPTD SKB Kabupaten Trenggalek. J+ Plus Unesa, 2(2), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/4394
Asri Devi, N. M. I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 416. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28331
Astutik, L. S., Agustin, U. L., & Suwandayani, B. I. (2020). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Aksara Jawa di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1), 79–87.
Bahar, B., & Risnawati, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD di Kabupaten Gowa. Publikasi Pendidikan, 9(1), 77–86.
Chamidah. (2014). Penerapan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA Kelas I SDN Sidotopo III/05 Surabaya. 2.
Darwin, Muhammad, D. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif,. CV Media Sains Indonesia.
Elan, E., & Feranis, F. (2017). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 66–75.
Fatrah, M. dan L. (2017). Metode Penelitian ( penelitian kuantitatif, tidakan kelas dan studi kasus). CV jejak.
Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in international mathematics and science study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
Isrok’atul, A. R. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. PT Bumi aksara.
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish.
Na’im, Z., & Ahsani, E. L. F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pedagogika, 12(1), 32–52. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.621
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sugiyono, P. D. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: CV. ALVABETA.
Supaat, D. (2019). Pedoman Penyelesaian Tugas Akhir Program Sarjana (skripsi). Epsilon.
Widiana, I. W. (2019). Media Pembelajaran Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Kompetensi Pengetahuan Siswa. 2.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.