Main Article Content

Eva Luthfi Fakhru Ahsani
Mega Yuni Ariyanti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapatnya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan media pembelajaran puzzle bangun datar pada mata pelajaran matematika kelas IV SD 5 Pasuruhan Lor. Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian kuantitatif preexperimental designs (non designs), dengan tipe one-group pretest-postes. Penelitian ini dilakukan selama tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi buat mengetahui aktivitas siswa dan guru pada pelaksanaan proses belajar, tes (sebelum dan sesudah) penerapan media puzzle bangun datar untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap materi, sedangkan dokumentasi pengumpulan data yang relevansi pada penelitian. Terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran Puzzle bangun datar pada pelajaran matematika siswa kelas IV SD 5 Pasuruhan Lor, yang berjumlah 21 siswa. Hasil pretest sebesar 23,8%, dan hasil posttest 85,71%. Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran Puzzle bangun datar pada mata pelajaran matematika ditunjukan pada analisis uji hipotesis yaitu perhitungan yang diperoleh ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” 7,236 > ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ 2,085, maka (Ha) diterima dan (Ho) tidak diterima.

Article Details

References
Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Di Pgsd Upp Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 31(2), 125160.
Aroya, R. (2013). Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Peningkatan Kemampuan Calistung Peserta Didik Pendidikan Keaksaraan Fungsional Tingkat Dasar di UPTD SKB Kabupaten Trenggalek. J+ Plus Unesa, 2(2), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/4394
Asri Devi, N. M. I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 416. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28331
Astutik, L. S., Agustin, U. L., & Suwandayani, B. I. (2020). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Aksara Jawa di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1), 79–87.
Bahar, B., & Risnawati, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD di Kabupaten Gowa. Publikasi Pendidikan, 9(1), 77–86.
Chamidah. (2014). Penerapan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA Kelas I SDN Sidotopo III/05 Surabaya. 2.
Darwin, Muhammad, D. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif,. CV Media Sains Indonesia.
Elan, E., & Feranis, F. (2017). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 66–75.
Fatrah, M. dan L. (2017). Metode Penelitian ( penelitian kuantitatif, tidakan kelas dan studi kasus). CV jejak.
Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in international mathematics and science study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
Isrok’atul, A. R. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. PT Bumi aksara.
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish.
Na’im, Z., & Ahsani, E. L. F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pedagogika, 12(1), 32–52. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.621
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sugiyono, P. D. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: CV. ALVABETA.
Supaat, D. (2019). Pedoman Penyelesaian Tugas Akhir Program Sarjana (skripsi). Epsilon.
Widiana, I. W. (2019). Media Pembelajaran Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Kompetensi Pengetahuan Siswa. 2.