ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI PROGRAM PEMBIASAAN DAN KETELADANAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis kemandirian belajar siswa kelas IV di SD Negeri 1 Tunggur, 2) menganalisis implementasi program pembiasaan dan keteladanan dalam menanamkan kemandirian belajar siswa kelas IV di SD Negeri 1 Tunggur, 3) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa kelas IV di SD Negeri 1 Tunggur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 14 siswa. Metode penelitian yang digunakan jenis kualitatif dengan strategi studi analisis deskriptif, dimana teknik pengumpulan data pada penelitian ini antara lain: 1) observasi yakni teknik pengolahan data dengan karakteristik yang lebih rinci daripada dengan teknik lainnya, 2) wawancara yakni pertemuan antara dua orang untuk berbagi informasi atau pendapat melalui tanya jawab agar suatu topik menjadi bermakna, 3) angket, adalah suatu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan membagikan sebuah pertanyaan-pertanyaan secara tertulis untuk responden jawab, dan 4) dokumentasi yakni suatu teknik yang digunakan untuk melengkapi penggunaan teknik observasi dan wawancara dalam penelitian kualitatif .Diperoleh hasil bahwa: (1) Siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi yaitu sebanyak 7 siswa (50%). Sedangkan siswa yang kemandirian belajarnya rendah yaitu sebanyak 7 siswa (50%); (2) Implementasi program pembiasaan dan keteladanan di SD Negeri 1 Tunggur; (3) kemandirian belajar siswa dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor internal diantaranya disiplin, percaya diri, motivasi, dan tanggung jawab dan faktor eksternal diantaranya lingkungan, fasilitas belajar, serta kemampuan guru dalam menyampaikan pembelajaran.
Article Details
Arifin, B.S.A. & Rusdiana. 2019. Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: CV Pustaka Setia.
Bagus, P.S. 2021. “Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daringâ€. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. 5 (2). 71-78.
Cahyani, N. & Tri, J.R. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di PAUD Sekolah Alam Ungaranâ€. Lifelong Education Journal. 1 (1). 54-65.
Fahmi, M., Senata A.P., Syaifuddin, Zakiyatul N. 2021. “Quo Vadis Pendidikan Karakter Di Indonesiaâ€. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam. 3 (1). 23-45.
Fepriyanti, U, & Abdul, W.B.S. 2021. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru dan Orang Tua Siswaâ€. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. 26 (1). 135-146.
Hamka, D, & Berry K.V. 2019. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Melalui Aplikasi Google Classroom Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS). 1 (2). 145-154.
Hasanah, U. 2019. “Upaya Guru Dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan Di Paud Al-Amien Gunung Eleh Kedungdung Sampangâ€. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1 (1). 13-18.
Hidayat, D.R., Ana, R., Fildzah, N., & Hary, R. 2020. “Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19â€. Perspektif Ilmu Pendidikan. 34 (2). 147-153.
Jasmana. 2021. “Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Di SD Negeri 2 Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Groboganâ€. ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. 1 (4). 164-172.
Khotijah, I. 2018. “Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Pembelajaran Practical Lifeâ€. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University. 2 (2). 127-140.
Lestari, P., Aldi, S., & Anggriyani, P. 2018. “Urgensi Habituasi Nilai Karakter Kemandirian Dan Tanggung Jawab Peserta Didik Sekolah Menengah Keguruanâ€. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 4 (2). 114-119.
Mahendra, Y. 2019. “Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasarâ€. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN). 257-266.
Maryam. 2020. “Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikanâ€. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series. 3 (3). 1958-1964.
Mina, W., Israwati, Linda, V. 2017. “Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Lesson Study Di Kelas V SD Negeri Lampageu Aceh Besarâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (1). 185-192.
Mujito. 2019. “Membangun Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Guruâ€. PEDAGOGY. 6 (2). 47-51.
Munawaroh, A. 2019. “Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakterâ€. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 7 (2). 141-156.
Mustoip, S., Muhammad, J. & Zulela, M.S. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Publishing.
Nasution, T. 2018. “Membangun Kemandirian Siswa Melalui Pendidikan Karakterâ€. UTIMAIYAH. 2 (1). 1-18.
Nurjanah, S. 2020. “Pembentukan Akhlak Berbasis Pembiasaan Dan Keteladanan (Studi Kasus Di MAN 2 Kuningan Jawa Barat)â€. OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam. 4 (2). 55-72.
Prasetyo, D. , Marzuki, & Dwi R. 2019. “Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guruâ€. HARMONY. 4 (1). 19-32.
Purwanti, E. & Dodi, A.H. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter terhadap Anak Usia Dini melalui Pembiasaan dan Keteladananâ€. Thufula. 9 (2). 260-275.
Putri, D.P. 2018. “Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digitalâ€. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar. 2 (1). 37-50.
Rafika, Israwati, & Bachtiar. 2017. “Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa Di SD Negeri 22 Banda Acehâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (1). 115-123.
Ranam, S. , Ibnu, F.M. , & Priyono. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Pesantren Modern El-Alamia Dengan Memberikan Keteladanan Dan Pembiasaanâ€. Research and Development Journal Of Education. 7 (1). 90-100.
Rifky. 2020. “Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Dasarâ€. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (1). 85-92.
Ritonga, S. 2021. “Penanaman Nilai dan Pembentukan Sikap pada Anak Melalui Metode Keteladanan dan Pembiasaan dalam Keluargaâ€. Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 1 (2). 131-141.
Setiawati E., dkk. 2020. Pendidikan Karakter. Bandung: Whidina Bhakti Persada Bandung.
Shoimah, L, Sulthoni, & Yerry S. 2018. “Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasarâ€. JKTP. 1 (2). 169-175.
Sidiq, U. & Moh. Miftachul, C. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.
Siyoto, S. & M. Ali, S. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugianto, I., Savitri, S., & Larasati, D. A. 2020. “Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumahâ€. Jurnal Inovasi Penelitian. 1 (3). 159-170.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmawati, A., H.M. Basri, & Muhammad A. 2020. “Pembentukan Karakter Berbasis Keteladanan Guru Dan Pembiasaan Murid SIT Al Biruni Jipang Kota Makassarâ€. Education and Human Development Journal. 5 (1). 91-99.
Suwardani, N.P., 2020. QUO VADIS PENDIDIKAN KARAKTER: dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Denpasar: UNHI Press.
Tasaik, H.L., & Patma T. 2018. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasiâ€. Metodik Didaktik. 14 (1). 45-55.
Tresnaningsih, F. , Dina, P.D.S., Etty, S. 2019. “Kemandirian Belajar Siswa Kelas III SDN Karang Jalak I Dalam Pembelajaran Tematikâ€. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan. 6 (2). 51-59.
Trisiana, A. 2022. "Project Citizen Modification Learning Model Based on Digital Citizenship for Character Education In The Digital Age as an Effort To Improve Social Competence". The seybold report. 17(06). 1085-1096.
Trisiana, A., Sugiaryo, & Rispantyo. 2019. “Model desain Pendidikan Kewarganegaraan di era media digital sebagai pendukung implementasi pendidikan karakterâ€. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan. 16(2). 154-164.
Trisiana, A., Sugiaryo, & Rispantyo. 2020. "The Challenges of Character Education: Mental Revolution Policy in the Development of Citizenship Education in Higher Education". International Journal of Psychosocial Rehabilitation. 24(8). 2340-2354.
Widyaningrum, R., Prihastari, E.B., & Ifa H.R. 2021. “Analisis Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Online di Masa Pendemi Covid-19â€. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran. 7 (2). 164-172.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.