Main Article Content

Failla Aulia Denansa
Anita Trisiana
Ratna Widyaningrum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis kemandirian belajar siswa kelas IV di SD Negeri 1 Tunggur, 2) menganalisis implementasi program pembiasaan dan keteladanan dalam menanamkan kemandirian belajar siswa kelas IV di SD Negeri 1 Tunggur, 3) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa kelas IV di SD Negeri 1 Tunggur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 14 siswa. Metode penelitian yang digunakan jenis kualitatif dengan strategi studi analisis deskriptif, dimana teknik pengumpulan data pada penelitian ini antara lain: 1) observasi yakni teknik pengolahan data dengan karakteristik yang lebih rinci daripada dengan teknik lainnya, 2) wawancara yakni pertemuan antara dua orang untuk berbagi informasi atau pendapat melalui tanya jawab agar suatu topik menjadi bermakna, 3) angket, adalah suatu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan membagikan sebuah pertanyaan-pertanyaan secara tertulis untuk responden jawab, dan 4) dokumentasi yakni suatu teknik yang digunakan untuk melengkapi penggunaan teknik observasi dan wawancara dalam penelitian kualitatif .Diperoleh hasil bahwa: (1) Siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi yaitu sebanyak 7 siswa (50%). Sedangkan siswa yang kemandirian belajarnya rendah yaitu sebanyak 7 siswa (50%); (2) Implementasi program pembiasaan  dan keteladanan di SD Negeri 1 Tunggur; (3) kemandirian belajar siswa dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor internal diantaranya disiplin, percaya diri, motivasi, dan tanggung jawab dan faktor eksternal diantaranya lingkungan, fasilitas belajar, serta kemampuan guru dalam menyampaikan pembelajaran.

Article Details

References
Abdussamad, Z. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Gorontalo: CV. Syakir Media Press.

Arifin, B.S.A. & Rusdiana. 2019. Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: CV Pustaka Setia.

Bagus, P.S. 2021. “Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring”. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. 5 (2). 71-78.

Cahyani, N. & Tri, J.R. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di PAUD Sekolah Alam Ungaran”. Lifelong Education Journal. 1 (1). 54-65.

Fahmi, M., Senata A.P., Syaifuddin, Zakiyatul N. 2021. “Quo Vadis Pendidikan Karakter Di Indonesia”. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam. 3 (1). 23-45.

Fepriyanti, U, & Abdul, W.B.S. 2021. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru dan Orang Tua Siswa”. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. 26 (1). 135-146.

Hamka, D, & Berry K.V. 2019. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Melalui Aplikasi Google Classroom Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS). 1 (2). 145-154.

Hasanah, U. 2019. “Upaya Guru Dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan Di Paud Al-Amien Gunung Eleh Kedungdung Sampang”. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1 (1). 13-18.

Hidayat, D.R., Ana, R., Fildzah, N., & Hary, R. 2020. “Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19”. Perspektif Ilmu Pendidikan. 34 (2). 147-153.

Jasmana. 2021. “Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Di SD Negeri 2 Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan”. ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. 1 (4). 164-172.

Khotijah, I. 2018. “Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Pembelajaran Practical Life”. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University. 2 (2). 127-140.

Lestari, P., Aldi, S., & Anggriyani, P. 2018. “Urgensi Habituasi Nilai Karakter Kemandirian Dan Tanggung Jawab Peserta Didik Sekolah Menengah Keguruan”. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 4 (2). 114-119.

Mahendra, Y. 2019. “Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar”. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN). 257-266.

Maryam. 2020. “Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan”. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series. 3 (3). 1958-1964.

Mina, W., Israwati, Linda, V. 2017. “Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Lesson Study Di Kelas V SD Negeri Lampageu Aceh Besar”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (1). 185-192.

Mujito. 2019. “Membangun Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Guru”. PEDAGOGY. 6 (2). 47-51.

Munawaroh, A. 2019. “Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter”. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 7 (2). 141-156.

Mustoip, S., Muhammad, J. & Zulela, M.S. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Nasution, T. 2018. “Membangun Kemandirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter”. UTIMAIYAH. 2 (1). 1-18.

Nurjanah, S. 2020. “Pembentukan Akhlak Berbasis Pembiasaan Dan Keteladanan (Studi Kasus Di MAN 2 Kuningan Jawa Barat)”. OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam. 4 (2). 55-72.

Prasetyo, D. , Marzuki, & Dwi R. 2019. “Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru”. HARMONY. 4 (1). 19-32.

Purwanti, E. & Dodi, A.H. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter terhadap Anak Usia Dini melalui Pembiasaan dan Keteladanan”. Thufula. 9 (2). 260-275.

Putri, D.P. 2018. “Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital”. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar. 2 (1). 37-50.

Rafika, Israwati, & Bachtiar. 2017. “Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa Di SD Negeri 22 Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (1). 115-123.

Ranam, S. , Ibnu, F.M. , & Priyono. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Pesantren Modern El-Alamia Dengan Memberikan Keteladanan Dan Pembiasaan”. Research and Development Journal Of Education. 7 (1). 90-100.

Rifky. 2020. “Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (1). 85-92.

Ritonga, S. 2021. “Penanaman Nilai dan Pembentukan Sikap pada Anak Melalui Metode Keteladanan dan Pembiasaan dalam Keluarga”. Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 1 (2). 131-141.

Setiawati E., dkk. 2020. Pendidikan Karakter. Bandung: Whidina Bhakti Persada Bandung.

Shoimah, L, Sulthoni, & Yerry S. 2018. “Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar”. JKTP. 1 (2). 169-175.

Sidiq, U. & Moh. Miftachul, C. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.

Siyoto, S. & M. Ali, S. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugianto, I., Savitri, S., & Larasati, D. A. 2020. “Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah”. Jurnal Inovasi Penelitian. 1 (3). 159-170.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, A., H.M. Basri, & Muhammad A. 2020. “Pembentukan Karakter Berbasis Keteladanan Guru Dan Pembiasaan Murid SIT Al Biruni Jipang Kota Makassar”. Education and Human Development Journal. 5 (1). 91-99.

Suwardani, N.P., 2020. QUO VADIS PENDIDIKAN KARAKTER: dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Denpasar: UNHI Press.

Tasaik, H.L., & Patma T. 2018. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasi”. Metodik Didaktik. 14 (1). 45-55.

Tresnaningsih, F. , Dina, P.D.S., Etty, S. 2019. “Kemandirian Belajar Siswa Kelas III SDN Karang Jalak I Dalam Pembelajaran Tematik”. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan. 6 (2). 51-59.

Trisiana, A. 2022. "Project Citizen Modification Learning Model Based on Digital Citizenship for Character Education In The Digital Age as an Effort To Improve Social Competence". The seybold report. 17(06). 1085-1096.

Trisiana, A., Sugiaryo, & Rispantyo. 2019. “Model desain Pendidikan Kewarganegaraan di era media digital sebagai pendukung implementasi pendidikan karakter”. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan. 16(2). 154-164.

Trisiana, A., Sugiaryo, & Rispantyo. 2020. "The Challenges of Character Education: Mental Revolution Policy in the Development of Citizenship Education in Higher Education". International Journal of Psychosocial Rehabilitation. 24(8). 2340-2354.

Widyaningrum, R., Prihastari, E.B., & Ifa H.R. 2021. “Analisis Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Online di Masa Pendemi Covid-19”. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran. 7 (2). 164-172.