PENGARUH STRATEGI DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA CERPEN PADA KELAS IV SD
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi direct reading thinking activity terhadap pemahaman membaca cerpen pada kelas IV SD. Metode yang digunakan yaitu Quasi Experimen Design yang berjenis Noequivalent Control Group Design Pretest-Pottest. Sampel dalam pelaksanaan ini berjumlah 61 siswa kelas IV. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini ada tiga yaitu, teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Dilihat dari perhitungan yang diperoleh thitung sebesar = 2,67 dan ttabel = 1,67, dimana thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi Direct Reading Thinking Activity berpengaruh terhadap pemahaman membaca cerpen pada kelas IV SD Negeri 32 Talang Kelapa tahun ajaran 2022/2023.
Article Details
Aini, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menyimpulkan Isi Cerita Anak Pada Siswa Kelas V SDN Sendangbumen Tahun Ajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia Vol.02 No. 4.
Amialia, A. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana. 2.
Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. 1.
Arini, N. W. (2018). Pengaruh Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia Kelas V Gugus IV Kecamatan Tejakula Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilimah Sekolah Dasar.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Darmuki, A. N. (2015). Model Student Learning To Speak For Education Studi Language And Literature Indonesia: Document Analysis And Needs Learning To Speak. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Harsono, A. S. (2012). Pengaruh Strategi Know Want To learn (KWL) dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa SMP di Temanggung.
Iryana, d. (2018). Tehknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Tehknik Data Metode Kualitatif.
Jonata, K. T. (2021). Teori Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Murtadlo, Z. A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Padmadewi, N. N. (2017). Pengantar Microteaching, Depok: Rajawali Pers.
Rahim, F. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmawati, L. E. (2012). Urgensi Literasi Komunikasi Dalam Pengembangan Tes Kompetensi Berbahasa Indonesia Untuk Mahasiswa Asing.
Saddhono, K. S. (2014). Pembelajaran Keterampilan Bahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi.
Safitry, E. A. (2018). Assesmen Tenik Tes dan Non Tes. Malang: CV IRDH.
Sucitayana, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Literal Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Sukawati. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 176.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. 2.
Trisna, I. W. (2014). Pengaruh Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Keterampilan Meyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Gugus Budi Utomo Denpasar Timur Tahun Ajaran 2013/2014. 173.
Yuliantika, N. P. (2018). Pengaruh Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas IV Sekolah Dasar Gugus Budi Utomo Denpasar Timur Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, Vol. 1 No. 3 .

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.