Main Article Content

Devani Manalu
Susanti Faipri Selegi
Puji Ayurachmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi direct reading thinking activity terhadap pemahaman membaca cerpen pada kelas IV SD. Metode yang digunakan yaitu Quasi Experimen Design yang berjenis Noequivalent Control Group Design Pretest-Pottest. Sampel dalam pelaksanaan ini berjumlah 61 siswa kelas IV. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini ada tiga yaitu, teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Dilihat dari perhitungan yang diperoleh thitung sebesar = 2,67 dan ttabel = 1,67, dimana thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi Direct Reading Thinking Activity berpengaruh terhadap pemahaman membaca cerpen pada kelas IV SD Negeri 32 Talang Kelapa tahun ajaran 2022/2023.

Article Details

References
Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Aini, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menyimpulkan Isi Cerita Anak Pada Siswa Kelas V SDN Sendangbumen Tahun Ajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia Vol.02 No. 4.
Amialia, A. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana. 2.
Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. 1.
Arini, N. W. (2018). Pengaruh Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia Kelas V Gugus IV Kecamatan Tejakula Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilimah Sekolah Dasar.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Darmuki, A. N. (2015). Model Student Learning To Speak For Education Studi Language And Literature Indonesia: Document Analysis And Needs Learning To Speak. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Harsono, A. S. (2012). Pengaruh Strategi Know Want To learn (KWL) dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa SMP di Temanggung.
Iryana, d. (2018). Tehknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Tehknik Data Metode Kualitatif.
Jonata, K. T. (2021). Teori Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Murtadlo, Z. A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Padmadewi, N. N. (2017). Pengantar Microteaching, Depok: Rajawali Pers.
Rahim, F. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmawati, L. E. (2012). Urgensi Literasi Komunikasi Dalam Pengembangan Tes Kompetensi Berbahasa Indonesia Untuk Mahasiswa Asing.
Saddhono, K. S. (2014). Pembelajaran Keterampilan Bahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi.
Safitry, E. A. (2018). Assesmen Tenik Tes dan Non Tes. Malang: CV IRDH.
Sucitayana, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Literal Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Sukawati. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 176.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. 2.
Trisna, I. W. (2014). Pengaruh Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Keterampilan Meyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Gugus Budi Utomo Denpasar Timur Tahun Ajaran 2013/2014. 173.
Yuliantika, N. P. (2018). Pengaruh Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas IV Sekolah Dasar Gugus Budi Utomo Denpasar Timur Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, Vol. 1 No. 3 .