PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI TEKS PROSEDUR MELALUI APLIKASI QUIZIZZ DI KELAS 4 DALAM MERDEKA BELAJAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teks prosedur di kelas 4 dalam Merdeka Belajar. Siswa mengalami kesulitan dalam memperoleh hasil belajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dikembangkan oleh Suharsini Arikunto dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) melalui evaluasi aplikasi Quizizz fitur Quiz Papper Mode. Banyaknya jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 28 subyek yang ada di kelas 4 SDN Tanjungsari 2 Kota Blitar 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yakni siklus 1 dan siklus 2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Pada siklus 1 hasil belajar siswa pada materi teks prosedur rata-rata nilai mencapai 79, pada siklus 2 rata-rata nilai hasil belajar meningkat mencapai 86,43. Kemudian siklus 1 presentase ketuntasan belajar siswa pada materi teks prosedur mencapai 61%, pada siklus 2 presentase ketuntasan belajar siswa meningkat hingga 89%. Dengan hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa penggunaan aplikasi Quizizz mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teks prosedur.
Article Details
Purnomo, H., & Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran. Yogyakarta : K-Media
Sofyan, H., dkk. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : UNY Press
Internet (artikel dalam jurnal online) :
Agus Wibowo, P. (2020). Meningkatkan Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Cerita Novel Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2), 179–186. https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30194
Ali, A. M., Satriawati, & Nur, R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 114–121.
Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1604
Basra, H. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Quizizz. Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulsel, 3(4), 193–208. https://doi.org/10.58643/sipatokkong.v3i4.177
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Gustanu, P., Surachmi W, S., & Setiadi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quiz-Quizizz sebagai Media Pembelajaran IPAS Kelas IV dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Wonorejo 1 Kabupaten Kediri. Pemanfaatan Aplikasi Quiz-Quizizz Sebagai Media Pembelajaran IPAS Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SDN Wonorejo 1 Kabupaten Kediri, 4.
Pangestu, D. A., & Rochmat, S. (2021). Filosofi Merdeka Belajar Berdasarkan Perspektif Pendiri Bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 78–92. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1823
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.