http://alpen.web.id/index.php/alpen/issue/feed Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar 2024-04-26T04:12:13+07:00 Anang Hadi Cahyono ananghadicahyono@wiraraja.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar</strong> First published in July 2017. ALPEN is published twice a year in January-Juny and July-December, p-ISSN <a href="http://issn.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1491381618&amp;3426&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2580-6890</a> (Print) e-ISSN <a href="http://issn.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1496205125&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2580-9075</a> (Online). Journal of Basic Education is published by Basic Education Studies Program of Universitas Wiraraja. Address of ALPEN (Electronic Edition) http://alpen.web.id.</p> <p>Editor and Administrative Address: FKIP Universitas Wiraraja Sumenep, Jl. Sumenep - Pamekasan Km. 5 Patean Sumenep 69451. Phone. (+62) 818384331. e-mail: alpenfkip@wiraraja.ac.id</p> http://alpen.web.id/index.php/alpen/article/view/247 ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA SOAL CERITA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT KELAS 1 SEKOLAH DASAR DI DESA PAREN 2024-03-30T02:33:29+07:00 Lovika Ardana Riswari lovika.ardana@umk.ac.id Nimas Wulan Sari 202133178@std.umk.ac.id Silvy Anjani Silvyanjanitugas@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kemampuan siswa SD kelas 1 di Desa Paren dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yakni metode yang menggambarkan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas 1 SD. Populasi penelitian berjumlah 4 orang siswa kelas 1 SD di Desa Paren. Proses pengambilan data dengan cara memeberikan tes soal cerita kepada siswa yang harus dilakukan siswa secara matematis. Sehingga didapatkan hasil analisis bahwa kemampuan siswa terbilang cukup baik, ditunjukkan dengan rata-rata siswa sudah mengerti maksud soal dan dapat menyelesaikannya secara matematis. Dari 4 siswa terdapat 1 siswa yang belum mampu menyelesaikan soal cerita operasi bilangan bulat dengan baik, sehingga siswa tersebut memerlukan arahan dari peneliti dalam penyelesaiaan soal.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-03-19T08:45:23+07:00 Copyright (c) 2024 Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar http://alpen.web.id/index.php/alpen/article/view/261 KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS RENDAH 2024-03-27T02:27:56+07:00 Muhamad Ainun Najib najibmuhamadainun22@gmail.com Sayidatul Fariha sayidatulfarihah24@gmail.com Reksa Adya Pribadi reksapribadi@untirta.ac.id <p>Dalam dunia pembelajaran, perencanaan dan persiapan pembelajaran merupakan hal yang sangat penting, penggunaan media yang sesuai dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran, sehingga diharapkan pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran membaca permulaan di SDN Lialang kota Serang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari hasil observasi, hasil wawancara dengan narasumber terkait dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan keterampilan guru dalam pembuatan media pembelajaran membaca permulaan di SDN Lialang kota Serang mengalami peningkatan seiring dengan kendala-kendala yang dihadapi, beberapa hasil kreasi media pembelajaran terbuat dari bahan bekas pakai yang dimanfaatkan kembali menjadi media pembelajaran, seperti kartu huruf dan buku baca.</p> 2024-03-19T08:45:56+07:00 Copyright (c) 2024 Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar http://alpen.web.id/index.php/alpen/article/view/253 ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA KPK DAN FPB 2024-03-27T02:27:36+07:00 Nur Hanifah gilangramadhan3572@gmail.com Muhammad Gilang Ramadhan moh.gilang@gmail.com Lovika Ardana Riswari lovika.ardana@umk.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa kelas 4 SDN 5 Honggosoco dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa lembar wawancara dan observasi, sedangkan instrumen penelitian ini menggunakan metode tes, dimana berupa dua soal penalaran berbasis soal cerita KPK dan FPB yang dipergunakan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas 4 SD 5 Honggosoco dalam kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan hasil penelitian bahwa diperoleh hasil dengan keriteria tinggi 7 siswa, keriteria sedang 8 siswa dan keriteria rendah 5 siswa. Dengan adanya data tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan siswa di SDN 5 Honggosoco dalam menjawab penalaran soal cerita KPK dan FPB sudah cukup baik, mengingat jumlah kriteria rendah lebih sedikit dari jumlah kriteria sedang dan tinggi</p> 2024-03-19T08:54:53+07:00 Copyright (c) 2024 Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar http://alpen.web.id/index.php/alpen/article/view/271 ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VI DALAM MEMECAHKAN PERTANYAAN MATEMATIKA 2024-03-25T02:23:19+07:00 Lovika Ardana Riswari lovika.ardana@umk.ac.id Shofiyana Ramdani 202133166@std.umk.ac.id Meliyasa Khorina Laili 202133171@std.umk.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis peserta didik terutama pada siswa sekolah dasar dalam memecahkan suatu pertanyaan matematika, dengan mengkaji beberapa hal mengenai kemampuan penalaran matematis dari rendahnya kemampuan penalaran matematis, faktor, serta peningkatan penalaran matematis. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data kualitatif tersebut didapatkan dari wawancara, uji tes kemampuan, observasi, dan dokumentasi. Dari data yang didapatkan diolah untuk dianalisis agar dapat menjawab fokus penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) secara garis besar kemampuan penalaran matematis siswa kelas VI di SD Negeri Raci 01 tergolong tinggi, karena hampir semua siswa dapat mengerjakan dan menyelesaikan uji tes dengan benar, (2) indikator tertinggi adalah 93% dengan indikator manipulasi matematika dan terendah 67% dengan indikator menyusun bukti terhadap kebenaran solusi, (3) terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa, (4) upaya yang dapat diaplikasikan untuk peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa.</p> 2024-03-19T09:19:56+07:00 Copyright (c) 2024 Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar http://alpen.web.id/index.php/alpen/article/view/248 ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR SAAT MENYELESAIKAN SOAL PERSEGI 2024-03-23T02:16:56+07:00 Lovika Ardana Riswari lovika.ardana@umk.ac.id Purbo Kusumo arjunaboys15@gmail.com Candra Rachmadita Hapsari 202133145@std.umk.ac.id <p>Kemampuan penalaran matematis merupakan kemampuan penting yang harus dikembangkan oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran tentang persegi dapat menjadi objek pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa, namun perlu diperhatikan kembali faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dan strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Rencana penelitian ini menggunakan studi kasus yang meliputi: mengumpulkan data, eksplorasi, menganalisis, dan merangkum data supaya dapat diambil kesimpulan yang spesifik dan fokus penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas IV di SD N Bintoro 5 Demak yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil dari uji tes tertulis yang telah dilaksanakan, terdapat tiga kategori: tinggi, sedang, dan rendah. Pada kategori tinggi dengan nilai ≥ 66,7 terdapat 25 siswa yang menunjukkan persentase 83,33%. Sedangkan, 5 siswa lainnya berada pada kategori sedang dengan nilai 33,3 ≤ x 66,7 yang menunjukkan persentase 16,33%. Diperoleh kesimpulan bahwa (1) Lebih dari 50% siswa dapat menyelesaikan masalah persegi pada soal yang diberikan. Hal ini ditunjukkan dengan 25 siswa atau sebesar 83,33% berada pada kategori tinggi. (2) Dengan persentase kemampuan siswa yang tinggi, metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru bisa dikatakan berhasil.</p> 2024-03-19T09:26:04+07:00 Copyright (c) 2024 Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar http://alpen.web.id/index.php/alpen/article/view/328 MEDIA POP-UP BOOK TIPE SHARED UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR 2024-03-23T02:16:36+07:00 Moh. Toriqatul Anshori Mtoriqansh97@gmail.com Nisfil Maghfiroh Meita nisfilmeita35@gmail.com Tita Tanjung Sari titatanjungfkip@wiraraja.ac.id Khairun Nisa khoirunisaq@gmail.com <p>Kurikulum 2013 mengemas pembelajaran dalam bentuk tematik, namun masih banyak media pembelajaran non-tematik di sekolah dasar. Tujuan penelitian adalah mengembangkan med ia pop- up book tipe shared untuk kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan 7 dari 10 tahapan model pengembangan Borg and Gall. Ukuran Pop-Up Book A5, 2 Dimensi dengan kertas foto paper 260 gsm, terdiri dari 6 pembelajaran pada Tema 8 subtema 1 “Lingkungan Tempat Tinggalku”, tematik Tipe Shared (dua mata pelajaran) pada setiap pembelajaran. Media Pop-Up Book Tema 8 Subtema. Instrumen yang digunakan yaitu: 1) Validasi media dan materi; serta 2) Angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis sesuai dengan persentase kriteria kelayakan media, materi, dan respon siswa. Hasil persentase validasi media sebesar 100% dan validasi materi sebesar 95% dengan kategori sesuai dan tidak revisi. Tahap uji coba terbatas dengan 6 siswa kelas IV sekolah dasar dengan persentase respon siswa sebesar 97,5% (sangat baik).</p> 2024-03-19T09:31:16+07:00 Copyright (c) 2024 Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar http://alpen.web.id/index.php/alpen/article/view/313 IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM UPAYA PENCEGAHAN PERUNDUNGAN (BULLYING) DI SEKOLAH DASAR 2024-03-20T02:14:25+07:00 Sama' Sama' sultansamak@stkippgrisumenep.ac.id Husnul Khotimah husnulkhatimah8420@gmail.com <p>Perundungan (bullying) merupakan masalah yang paling serius yang sering terjadi di lingkungan Sekolah Dasar dan dapat memberikan dampak buruk bagi perkembangan peserta didik baik dalam aspek fisik, sosial, karir, maupun belajarnya sehingga perlu diatasi agar tercipta kenyamanan di sekolah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang implementasi atau penerapan layanan Bimbingan dan Konseling dalam upaya pencegahan tindakan perundungan (bullying) di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dari teori-teori yang relevan dengan objek penelitian kemudian dianalis dengan menggunakan teknik analisis data kajian kepustakaan (library research). Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran yang dikemukakan oleh Biddle dan Thomas. Guru Bimbingan dan konseling pada tingkat sekolah dasar diintegrasikan ke dalam materi-materi pembelajaran sehingga guru kelas juga berperan sebagai guru Bimbingan Konseling. Peran guru kelas dalam mencegah terjadinya perundungan, yaitu: sebagai sosok pemberi inspirasi di sekolah dan berperan sebagai pengelola di kelas</p> 2024-03-19T09:37:06+07:00 Copyright (c) 2024 Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar http://alpen.web.id/index.php/alpen/article/view/342 PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR 2024-04-26T04:12:13+07:00 Devi Saputri saputridevi551@gmail.com Silvester Silvester silvester@shantibhuana.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan media video terhadap hasil belajar siswa disekolah dasar dengan menggunakan metode penelitian meta analisis. Metode meta analisis mengkaji serangkaian penelitian yang sudah dilakukan dalam rentang waktu 10 tahun keatas, hal ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana penggunaan media video dalam pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa disekolah dasar. Berdasarkan hasil analisis dari beberapa penelitian terdahulu, penerapan media video dalam pembelajaran berdampak positif untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Media pembelajaran video memberikan visualisasi nyata dan menarik dalam materi pembelajaran, adanya gambar dan animasi yang terdapat dalam video siswa akan lebih mudah dalam memahami pembelajaran.</p> 2024-04-23T08:44:19+07:00 Copyright (c) 2024 Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar