Main Article Content

Dyah Indraswati
Arif Widodo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas dan kreativitas mahasiswa melalui mata kuliah kewirausahaan. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi PGSD, Universitas Mataram kelas 7B Angkatan 2018, tahun akademik 2020/2021 yang berjumlah 36 orang yang terbagi kedalam 18 kelompok wirausaha. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan penugasan, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan uji triangulasi metode. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dari 18 kelompok, 16 kelompok membuat produk berupa makanan dan 2 kelompok menjadi reseller barang yang dibutuhkan masyarakat. 3 kelompok sudah berupaya membuat brand sendiri. Mata kuliah kewirausahaan secara nyata mampu mengembangkan kreativitas dan produktivitas mahasiswa meskipun unsur orisinalitas dalam kreativitas dan penemuan dalam inovasi belum terlihat. Produk kewirausahaan muncul diawali dengan adanya tantangan, kemudian muncul gagasan, motivasi, dan dorongan untuk berinisiatif, berpikir kreatif dan inovatif sampai akhirnya menghasilkan produk yang berguna bagi kebutuhan masyarakat.

Article Details

References
Athia, I., Saraswati, E., & Normaladewi, A. (2018). Penerapan Business Model Canvas (BMC) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Malang. JU-Ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 2(1), 66–75. Retrieved from http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/1051
Bambang, H., Siswoyo, B., Orang, N., Siswoyo, B. B., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2009). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan di Kalangan Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 14(2), 114–123.
Harianti, A., & Margaretha, Y. (2014). Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode Brainstorming. Jurnalmanajemen, 13(2), 175–192. https://doi.org/10.28932/JMM.V13I2.134
Megawati, L. E. F. (2018). Strategi Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Yang Kreatif Dan Inovatif. Proceeding of National Conference on Asbis, 3, 296–302. Retrieved from https://e-prosiding.poliban.ac.id/index.php/asbis/article/view/316
Nurikasari, F. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kreativitas, Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/1394
Setyawati, E. (2019). Peneliti tidak memberikan perlakuan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 1586–1594. Retrieved from https://www.ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/287/332
Soriano, D. R., & Huarng, K.-H. (2013). Innovation and entrepreneurship in knowledge industries. Journal of Business Research, 66(10), 1964–1969. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2013.02.019
Suprapto, H. A. (2019). Pengaruh Pembuatan Proposal Rencana Bisnis (Business Plan) Terhadap Kemampuan Berwirausaha di SMK Bhakti Husada. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(2), 19–23. https://doi.org/10.5281/zenodo.2653342
Susilaningsih, S. (2015). Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi: Pentingkah Untuk Semua Profesi? Jurnal Economia, 11(1), 1. https://doi.org/10.28932/jmm.v13i2.134
Wiyono, H. D. (2020). Kreativitas Dan Inovasi Dalam Berwirausaha. Jurnal Usaha, 1(2), 19–25. https://doi.org/10.30998/juuk.v1i2.503
Yohanna, L., Harsoyo, D., & Wijono, D. (2016). Intensi Berwirausaha Ditinjau Dari Kreativitas Dan Kecerdasan Emosional. SOSIO-E-KONS, 8(1), 32–42. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v8i1.768