PENINGKATAN KETERAMPILAN LITERASI INFORMASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN QR CODE
Main Article Content
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan literasi informasi siswa SD Negeri Tuntang 03 dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan literasi informasi dengan model problem based learning berbasis kontekstual menggunakan QR Code. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Negeri Tuntang 03, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri Tuntang 03. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan literasi informasi siswa dengan model PBL berbasis kontekstual menggunakan QR Code. Dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen. Rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen adalah 25,79 dan 92,58. Hasil observasi keterampilan literasi informasi sebelum perlakuan sebesar 34,65% (cukup), sedangkah setelah perlakuan sebesar 85% (sangat baik).
Article Details
Fauziah, G., & Lestari, A. W. (2018). Movement Civilization of Information Literacy at Primary School in Tangerang Selatan. Edulib, 8(2). https://scholar.archieve.org
Firmansyah, G., & Hariyanto, D. (2019). Penggunaan QR code pada dunia pendidikan : penelitian pengembangan bahan ajar. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(2), 265–278. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js unpgri.v5i2. 13467
Gaol, R. L., & Simarmata, E. J. (2019). Efektivitas Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Aktivitas Belajar Siswa. JGK (Jurnal Guru Kita), 3(4), 342–348. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/15079
Juleha, S., Nugraha, I., & Feranie, S. (2019). The Effect of Project in Problem-Based Learning on Students ’ Scientific and Information Literacy in Learning Human Excretory System. Journal of Science Learning, 2(2), 33–41. https://doi.org/10.17509/jsl.v2i2.12840
Mehendale, D., Masurekar, R., Nemade, S., & Shivthare, S. (2017). To Study the Use of QR Code in the Classroom to Enhance Motivation , Communication , Collaboration and Critical. International Journal of Innovative Research in Computer and Communication Engineering, 5(4), 6987–6993. https://doi.org/10.15680/IJIRCCE.2017.
Mintasih, D. (2018). Mengembangkan Literasi Infromasi Melalui belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi PBL untuk Menyiapkan Calon Pendidik dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 6(2), 271–290. https://journal.iainkudus.ac.id
Mulyono, D. (2020). Literasi informasi dalam kerangka pengembangan pendidikan masyarakat. Jurnal Comm-Edu, 3(1), 1–6. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/article/view/3516
Mustakim, S., Walanda, D. K., & Gonggo, S. T. (2013). Penggunaan QR Code dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur pada Kelas X SMA Labschool UNTAD. Jurnal Akademia Kimia, 2(4), 215–221. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda
Ningsih, S. T., & Putra, L. V. (2021). Keefektifan Media Powtoon dengan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas III. IV(1), 31–34. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda
Pamungkas, M. D., & Franita, Y. (2019). Keefektifan Problem Based Learning untu Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. 5(2), 75–80. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/957
Purwanti, K. Y., Putra, L. V., & Hawa, A. M. (2018). Literasi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Pencarian Informasi Ilmiah Siswa SMA. International Journal of Commuity Service Learning, 2(4), 237–241. https://jornal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/90
R, R. M. A., & Risnani, L. Y. (2019). Literasi media dalam konteks 21 st century skills pada siswa Sekolah Menengah Atas ( SMA ) di Kabupaten Banyumas. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education), 34, 215–232.
Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. In Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/buku/detail/strategi-pembelajaran-berorientasi-standar-proses-pendidikan-wina-sanjaya-34179.html
Sari, B. P. (2021). Keefektifan Bahan Ajar IPA terpadu Tema Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Literasi Informasi Siswa SMP. http://repository.upi.edu/66148/
Subekti, H., Taufiq, M., Susilo, H., & Suwono, H. (2018). Mengembangkan Literasi Informasi Melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi STEM untuk Menyiapkan Calon Guru Sains dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Reviu Literatur. Education and Human Development Journal, 3(1), 81–90. https://jornal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/90
Suharto, A. (2014). Kemampuan Literasi Informasi Pemustaka dalam Mengakses Informasi: Studi Kasus di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indoenesia. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 5(1), 10–20. https://journal.uii.ac.id/unilib/article/view/12664
Sukaesih, & Saeful, A. (2013). Literasi Informasi Pustakawan : Studi Kasus di Universitas Padjadjaran. JURNAL KAJIAN INFORMASI & PERPUSTAKAAN, 1(1), 61–72. http://journal.unpad.ac.id/jkip/article/view/9612

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.