MENINGKATKAN PENGENALAN ANGKA MELALUI MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP ANAK SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang cukup sulit untuk diajarkan pada siswa sekolah dasar, hal ini dikarenakan siswa memiliki mindset bahwa belajar matematika itu merupakan hal yang sulit. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan media kartu angka dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep bilangan. Penelitian yang kami gunakan yakni penelitian jenis kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan melalui observasi serta wawancara pada 3 orang anak. Data dianalisis dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa media kartu angka ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan anak yang awalnya hanya 30% menjadi naik 5% setiap harinya.
Article Details
Destiani, Siska. 2018. “Penerapan Media Pembelajaran Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Di Tk Citra Darma Lampung Baratâ€. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung .
Indonesia. (2003). Undang - Undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Muyaroah, S. (2017). Efektifitas Mobile Learning Sebagai Alternatif Model Pembelajaran. Lembaran Ilmu Kependidikan, 23-27.
Rachman. (2015, Maret 1). Pengertian dan tujuan pendidikan di sekolah dasar. Retrieved from Web Resmi Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi: https://disdik.bekasikab.go.id/berita-pengertian-dan-tujuan-pendidikan-di-sekolah-dasar.html
Sari, N., & Fauziddin, M. (2017). Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 26-27.
Sulistiawati, Rike. 2017. "Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Gerak Lokomotor Di Taman Kanak-Kanak Widya Bhakti Tanjung Senang Bandar Lampung". Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung .
Widyoko, E. P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 80-96.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.