KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS RENDAH
Main Article Content
Abstract
Dalam dunia pembelajaran, perencanaan dan persiapan pembelajaran merupakan hal yang sangat penting, penggunaan media yang sesuai dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran, sehingga diharapkan pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran membaca permulaan di SDN Lialang kota Serang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari hasil observasi, hasil wawancara dengan narasumber terkait dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan keterampilan guru dalam pembuatan media pembelajaran membaca permulaan di SDN Lialang kota Serang mengalami peningkatan seiring dengan kendala-kendala yang dihadapi, beberapa hasil kreasi media pembelajaran terbuat dari bahan bekas pakai yang dimanfaatkan kembali menjadi media pembelajaran, seperti kartu huruf dan buku baca.
Article Details
Ahmad, F., & Mustika, D. (2021). Problematika Guru Dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2008-2014.
Arnisyah, S., & Syafutri, H. D. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Peserta didik SD Kelas Rendah di SDN 7 Langkai Palangkaraya: Analysis Of Beginning Difficulties of Reading in Low Grade Elementary Students at SDN 7 Langkai Palangkaraya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 60-66.
Audie, N. (2019, May). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).
Bakri, M., & Werdaningsih, D. 2017. Membumikan Nilai Karakter Berbasis Pesantren, Belajar dari Best Practice Pendidikan Karakter Pesantren dan Kitab Kuning. Cet. II. Jakarta: Nirmana MEDIA.
Kurnia, S. Y., Apriliya, S., & Hidayat, S. (2022). Pengembangan Media Kartu Huruf dalam Pembelajaran Membaca Permulaan. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 503-513.
Mawardi. (2021). Desain Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Samudra Biru.
Mumpuni, A., Azizah, S., Rahma, S. A., Utami, D., Safitri, N. I., Tiana, F. A., ... & Pratama, A. A. (2022). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(01), 8-14.
Muzdalifah, I., & Subrata, H. (2022). Pengembangan Big Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sd. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(1), 44-53.
Nabila, N. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(05), 867-875.
Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis kesulitan membaca permulaan pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462-1470.
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589-5597.
Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis kesulitan peserta didik dalam membaca permulaan di kelas satu sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69-76.
Prawiyogi, A. G., Sa'diah, T. L., Safarandes, A., & Nurjanah, Q. (2022). Pengaruh Metode Suku Kata terhadap Keterampilan Membaca Permulaan. Jurnal Basicedu, 6(5), 9223-9229.
Rismawati, R., Andari, K. D. W., & Kartini, K. (2020). PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANTARA METODE SUKU KATA DENGAN METODE EJA BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 41-46.
Saputri, D. Y., Rukayah, R., & Indriayu, M. (2019). Transformasi Pembelajaran Melalui Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Game: Persepsi Guru di Sekolah Dasar. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 2(1).
Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: ALFABETA.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.