MEDIA POP-UP BOOK TIPE SHARED UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Kurikulum 2013 mengemas pembelajaran dalam bentuk tematik, namun masih banyak media pembelajaran non-tematik di sekolah dasar. Tujuan penelitian adalah mengembangkan med ia pop- up book tipe shared untuk kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan 7 dari 10 tahapan model pengembangan Borg and Gall. Ukuran Pop-Up Book A5, 2 Dimensi dengan kertas foto paper 260 gsm, terdiri dari 6 pembelajaran pada Tema 8 subtema 1 “Lingkungan Tempat Tinggalku”, tematik Tipe Shared (dua mata pelajaran) pada setiap pembelajaran. Media Pop-Up Book Tema 8 Subtema. Instrumen yang digunakan yaitu: 1) Validasi media dan materi; serta 2) Angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis sesuai dengan persentase kriteria kelayakan media, materi, dan respon siswa. Hasil persentase validasi media sebesar 100% dan validasi materi sebesar 95% dengan kategori sesuai dan tidak revisi. Tahap uji coba terbatas dengan 6 siswa kelas IV sekolah dasar dengan persentase respon siswa sebesar 97,5% (sangat baik).
Article Details
Hamalik, Arsyad. 2016. Media Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Handaruni, Dewanti; Anselmus, J E; dan Toenlioe, Y. S. (2018). Pengembangan media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakuaden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3) 221–228. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/viewFile/4551/3408
Lismayanti, Meri, et al. (2016)."Pengembangan Buku Pop Up Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Crustacea Untuk SMA Kelas X." Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Humaniora, vol. 18, no. 1,
Mustadi, Ali. 2018. Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press
Nikmah, S., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbantu Media Pop- Up Book Terhadap Hasil Belajar. Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbantu Media Pop- Up Book Terhadap Hasil Belajar, 2(2), 264. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17920
Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Sub Tema Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta
Supriyono, (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. %20Belajar%20Siswa%20SD%20_%20Supriyono%20_%20EduStream_%20Jurnal%20Pendidikan%20Dasar.html
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.