IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MEDIA ULAR TANGGA KELAS 4 DI SDN BUGANGAN 03
Main Article Content
Abstract
Pendidikan karakter merupakan pendidikan paling lemah saat ini. Dalam menerapakan karakter kepada anak harus dilakukan sejak dini secara sinergis antara sekolah, keluarga dan masyarakat. agar pendidikan karakter dapat tercapai secara maksimal. Sebagai institusi yang penting pihak pendidik di sekolah , pendidikan karakter harus diberikan kepada peserta agar menjadi individu bermoral dan bermartabat. Tujuan dari penelitian ini antara lain (1) membentuk karakter siswa melalui permainan media ular tangga (2) dapat memberikan contoh nilai-nilai karakter dan diharapkan peserta didik dapat mengimplementasikan di lingkungan sekolah maupun masyarakat yang di tuangkan dalam buku diary. Dengan kebiasaan dan kesadaran tersebut siswa akan mudah terbentuk karakternya yang akan menjadi kebiasaan yang positif. Subjek pada penelitian ini adalah adalah siswa kelas 4 SDN Bugangan 03. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data observasi dan studi dokumen. Jenis metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan naratif. Hasil peneltian ini menunjukan bahwa media ular tangga tergolong efektif membentuk karakter peserta didik.
Article Details
Arifin, B. (2016). Strategi Dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Ar-Ruzz Media.
Candra,Wahyu.2020. Makna Edukasi Tradisi Sambatan Untuk Pendidikan Karakter Siswa Sdn 3 Dermolo Kabupaten Jepara.Skripsi.Universitas Muria Kudus
Fadilla,Anisa.2019. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplinpada Siswa Sekolah Dasar.Jurnalperspektif Pendidikan Dan Keguruan: Vol 10, No. 1, 1-7
Kurniawan, M. I.2013. Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Pembelajaran Kerganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD:Vol 1, No.3, 40–49.
Priyanto, Agung.2018. Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Pada Jamaah Di Masjid Fatimatuzzahra Grendeng Purwokerto.Skripsi.Purwakarta:Iain Purwokwerto.
Purwanti, Dwi. 2017. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. Jurnal Dwijacendikia: Vol.1,No.2,14-2
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.