Main Article Content

Nurul QOmariyah L.S
Tita Tanjung Sari
Nisfil Maghfiroh Meita

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah Poor Self Concept adalah dengan cara membaca puisi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus dimana setiap siklusnya terdapat dua pertemuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembacaan puisi dan untuk mengetahui peningkatan percaya diri siswa melalui metode pembacaan puisi bagi kelas IV SDN Patean II. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen penelitian, diantaranya: RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), LKP (Lembar Kegiatan Penelitian), Rubrik penilaian membaca puisi dan yang terakhir adalah angket siswa. Dari hasil penelitian yang didapatkan selama dua siklus terbukti bahwa keterlaksanaan membaca puisi termasuk baik. Hal ini dibuktikan dengan LKP (Lembar Kegiatan Penelitian) dimana pada siklus pertama diperoleh data sebesar 84% dan siklus ke II sebesar 89%. Pada aspek peningkatan percaya diri siswa berdasarkan rubrik penilaian membaca puisi pada siklus pertama diperoleh data sebesar 54% dan siklus ke II mengalami peningkatan menjadi sebesar 74%. Indikatornya adalah pada saat anak membaca puisi mereka lebih percaya diri, dapat mengeluarkan pendapatnya, dapat membaca puisi dengan suara yang lantang, serta dapat mengeluarkan ekspresi saat membaca puisi. Artinya masalah Poor Self Concept dikatakan menurun melalui penerapan metode membaca puisi.

Article Details