Main Article Content

Diksa Muhamad Ramdhan

Abstract

Apakah Macromedia Flash sebagai media pembelajaran digital berpengaruh terhadap proses pembelajaran, salah satunya pada pembelajaran IPS di sekolah dasar pada materi Karakteristik Geografis Indonesia? Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan hal tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode Kualitatif dan dengan Studi Literatur digunakan sebagai pendekatan dalam penelitian ini. Sumber Literatur diambil dari enam artikel penelitian yang berasal dari E-Journal dan Google Scholars yang relevan dan dapat dipertanggungjawabkan untuk kepentingan penelitian. Setelah dilakukan penelitian, bahwa Macromedia Flash dalam penerapannya sebagai media pembelajaran memberikan dampak yang sangat baik bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Bagi guru, media pembelajaran digital Macromedia Flash dapat membantu dalam mengembangkan media pembelajaran yang beragam dan menarik serta sesuai dengan kebutuhan siswa di abad 21. Selain itu, Macromedia Flash merupakan solusi dari keterbatasan guru dalam mengoperasikan teknologi digital karena kemudahan yang diberikan oleh Macromedia Flash. Suasana kelas yang diciptakan oleh guru dapat lebih interaktif dan menarik dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash. Bagi siswa, Macromedia Flash pada media pembelajaran digital dapat memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan emosi dan mental siswa, karakter positif, semangat belajar siswa, hasil dan prestasi belajar siswa, serta memudahkan siswa dalam menerima materi pembelajaran menjadi lebih baik.

Article Details

References
Ananda, R., & Amiruddin, A. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Arsyad, Azhar. (2000). Media Pengajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Asnawir, B. U., & Usman, M. B. (2002). Media pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Azhar, A. (2007). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Azrianti, V. P., & Sukma, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash untuk Menanamkan Karakter Positif. e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, (Online), Jilid 8 No. 4, (http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/9065, diakses 25 Oktober 2021).
Fatahullah, M. M. (2016). Pengaruh media pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, (Online), Jilid 7 No. 2, (http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/2190, diakses 25 Oktober 2021).
Fitriani, W., Suwarjo, S., & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, (Online), Jilid 9 No. 2, (http://202.4.186.66/JPSI/article/view/19040, diakses 25 Oktober 2021).
Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills:a guide to evaluating mastery and authentic learning. London: Sage Publications Ltd.
Harahap, O. D. B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), (Online), Jilid 3 No. 3, (https://www.mahesainstitute.web.id/ojs2/index.php/jehss/article/view/%23460, diakses 25 Oktober 2021).
Hidayah, L. F. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPS. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, (Online), Jilid 4 No. 2, (http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/1153, diakses 25 Oktober 2021).
Huda, I. A. (2020). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), (Online), Jilid 2 No. 1, (https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/622, diakses 25 Oktober 2021).
Irmawati, I., Degeng, I. N. S., & Djatmika, E. T. (2017). Multimedia pembelajaran ips materi kondisi geografis wilayah indonesia pada siswa kelas v sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (Online), Jilid 2 No. 5, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9042, diakses 28 Oktober 2021).
Jalinus, N., & Ambiyar, A. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Mufidah, N., Andriani, A., & Irawan, D. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif menggunakan Macromedia Flash pada Mata Pelajaran IPS. Proceeding of The URECOL, (Online), 365-369, (http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/458, diakses 25 Oktober 2021).
Priandana, V. F. D. (2015). pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbantuan software macromedia flash pada kompetensi dasar menerapkan macam-macam gerbang dasar rangkaian logika di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, (Online), Jilid 4 No. 1, (https://core.ac.uk/download/pdf/230725829.pdf, diakses 31 Oktober 2021).
Pribadi, B. A. (2017). Media & teknologi dalam pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin, M. (2018). Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. In PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR. (Online), (http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/download/10184/6600, diakses 25 Oktober 2021).
Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), Jilid 3 No. 3, (https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/439, diakses 25 Oktober 2021).