PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY LIVE TEXTURING PADA PEMBELAJARAN MEWARNAI ANAK USIA DINI DI PAUD HOLISTIK INTEGRATIF EL-FATH SUMENEP
Main Article Content
Abstract
Kegiatan Mewarnai di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini khususnya Kelompok Bermain sering kali kurang mendapat perhatian oleh peserta didik. Penyampaian pengarahan untuk rentang usia pada Kelompok Bermain agak sulit dalam kegiatan Mewarnai. Augmented Reality (AR) merupakan salah satu kemajuan teknologi informasi yang membantu menampilkan gambar 2D pada lembar mewarnai menjadi 3D sehingga terlihat nyata. Dengan menggunakan media bantu AR Live Texturing pada kegiatan Mewarnai diharap dapat meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaraan mewarnai. Penelitian ini dilakukan pada anak didik Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif EL-FATH Sumenep dengan tingkat Kelompok Bermain usia 2-4 Tahun. Penelitian dilakukan dengan membagi menjadi kelompok eksperimen 23 anak dan kelompok kontrol 22 anak, dimana kelompok eksperimen menggunakan AR Live Texturing sebagai media pengarahan. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan terhadap minat dan motivasi dari peserta didik karena hanya ingin melihat gambar 3D pada media AR yang dipakai untuk pengarahan, sehingga peserta didik tidak fokus pada pengarahan guru dan kegiatannya.
Article Details
Azuma, R. T. (1997). A survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments 6, 4(2–3), 355–385. https://doi.org/10.1561/1100000049
Cho, K., Kim, H., & Lee, Y. (2016). Augmented Reality coloring book with transitional user interface. Indian Journal of Science and Technology, 9(20). https://doi.org/10.17485/ijst/2016/v9i20/94692
Husnaini, N., & Jumrah. (2019). Kegiatan Mewarnai Sebagai Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 112–133. https://doi.org/10.19109/ra.v3i2.4477
Jamrus, M. H. M., & Razali, A. B. (2019). Augmented Reality in Teaching and Learning English Reading: Realities, Possibilities, and Limitations. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 8(4), 724–737. https://doi.org/10.6007/ijarped/v8-i4/6696
Magdalena, L., Kusnadi, K., & Kahfi, M. (2016). Penerapan Teknologi Augmented Reality untuk Pengenalan Komponen Jaringan dan Cara Kerja TCP/IP berbasis Android. ITEJ (Information Technology Engineering Journals), 1(2), 8–18. https://doi.org/10.24235/itej.v1i2.7
Magnenat, S., Ngo, D. T., Zünd, F., Ryffel, M., Noris, G., Rothlin, G., Marra, A., Nitti, M., Fua, P., Gross, M., & Sumner, R. W. (2015). Live texturing of Augmented Reality Characters from Colored Drawings. IEEE Transactions on Visualization and Computer Graphics, 21(11), 1201–1210. https://doi.org/10.1109/TVCG.2015.2459871
Mariati, M., & Widya Puteri, I. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Pada Anak Kelompok B Di Tk Ar-Rahma Muara Badak Pada Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(1), 19–32. https://doi.org/10.24903/jw.v1i1.174
Milgram, P., Takemura, H., Utsumi, A., & Kishino, F. (1994). Augmented Reality: A class of displays on the reality-virtuality continuum. Systems Research, 2351(Telemanipulator and Telepresence Technologies), 282–292. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.83.6861&rep=rep1&type=pdf
Mokhtar, M. K., Mohamed, F., Sunar, M. S., Arshad, M. A. M., & Mohd Sidik, M. K. (2018). Development of Mobile-Based Augmented Reality Colouring for Preschool Learning. 2018 IEEE Conference on E-Learning, e-Management and e-Services, IC3e 2018, 11–16. https://doi.org/10.1109/IC3e.2018.8632639
Munandar, Amaludin Arifia, Andik Adi Suryanto, U. Y. S. (2018). Aplikasi Magic Coloring Book Dengan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pendukung Belajar Mewarnai Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat III Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, September, 4–7.
Musrifah, A. (2019). Aplikasi Live texturing Coloring Book Menggunakan Augmented Reality Untuk Melatih Kreatifitas Anak. Conference: Connects 3rd 2019 “Education Transformation in Facing Industrial Revolution 4.0â€, Universitas Suryakancana, Conference Paper. https://www.researchgate.net/Publication/335028877
Norraji, M. F., & Sunar, M. S. (2015). wARna - Mobile-based Augmented Reality Colouring. 4th International Conference on Interactive Digital Media (ICIDM), Icidm, 2–5.
Sarrab, M., & Elgamel, L. (2013). Mobile Learning (M- Learning) and Educational Environments. International Journal of Distributed and Parallel System, 3(4), 31–39.
Yeka Hendriyani, Hansi Effendi, Dony Novaliendry, H. E. (2019). AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 12(2), 1–7.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.