Main Article Content

Rizki Putri Wardani
Chumi Zahroul Fitriyah
Dyah Ayu Puspitaningrum

Abstract

Penelitian yang berjudul melatih keterampilan berpikir kritis, dan kreatif memiliki tujuan untuk mengembangakan perangkat pembelajaran melalui pendekatan saintifik yang praktis, efektif, dan valid. Model 4-D digunakan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Subyek dalam penelitian ini yakni perangkat pembelajaran yang diuji cobakan kepada siswa Kelas V SD. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan presentase sebesar 87% yang berati perangkat yang dikembangkan valid. Keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik dengan persentase 87%. Aktivitas terlaksana dengan baik melalui pendekatan saintifik. Tes soal keterampilan berpikir kritis, dan berpikir kreatif mendapatkan skor ≥75. Dari hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa perangkata pembelajaran untuk melatih berpikir kritis dan kreatif melalui pendekatan saintifik dikatakan praktis, efektif, dan valid.

Article Details

References
-------------, 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 54. Jakarta. Diknas.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Dewi, Anik Puspita. 2020. Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP Kurikulum 2013 di Sekolah Dsar. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Jufri, Wahab. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung : Pustaka Rineka Cipta.
Fauziah, R. et al. 2013. Pembelajaran Saintifik Elek¬tronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Ber¬basis Masalah. Jurnal Invotec, 9(2): 165-178.
Mawardi, 2019. Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Agustus 2019 VOL. 20, NO. 1, 69- 82
Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Bandung: Rineka Cipta
Nur. 2011. Keterampilan-Keterampilan Proses Sains. UNESA: PSMS.
Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenana Media.
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS dan Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sarwinda, Wiratamasari. 2012. Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Strategi Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran Biologi SMA. Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS.
Slavin, E. 1994. Educational Psychology: Theory and Practice. Massachusesttes: Allyn and Bacon Publishers.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo: Bandung
Suyono. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Thiagarajan, S., D.S., & Semmel, M.I. 1973. Instructional Development for Training Teachers of Ecxeptional Children: A Source book. Bloomington: Indiana University.
Thompson, Claudette. “Critical Thinking across the Curriculum: Process over Output”. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 1 No. 9