ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep operasi bilangan bulat mahasiswa PGSD dan kendala yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Universitas San Pednro tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 21 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data tes pemahaman konsep berdasarkan indikator pemahaman konsep yang ditentukan dan deskripsi hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep operasi bilangan bulat mahasiswa PGSD berada pada rentangan kategori cukup. Beberapa kendala yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika adalah 1) Mahasiswa memiliki pemikiran bahwa matematika itu sulit sehingga mereka tidak ter9motivasi dalam belajar 2) Mahasiswa masih beranggapan bahwa matematika terlalu banyak rumus, 3) Mahasiswa mahasiswa tidak memahami soal dengan benar sehingga sulit merepresentasikan masalah dalam model matematika, 4) Mahasiswa tidak memahami konsep secara lengkap sehingga tidak bisa mengaplikasikan dalam memecahkan masalah dan 5). Mahasiswa belum memahami pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari. Saran yang dapat disampaikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah perlu dilakukan upaya lanjutan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa PGSD pada materi operasi bilangan bulat secara kreatif dan inovatif menggunakan media pembelajaran secara kontekstual dan media pembelajaran berbasis teknologi.
Article Details
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi), (Jakarta: Rineka Cipta).
Asmara D. N & Rahmatul Hayati. 2021. Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika. Jurnal Basicedu Vol 5 No 5 Tahun 2021 p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147
Fitriasari, Putri. 2019. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa PGSD Pada Materi Geometri Dasar. INDIKTIKA (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika) P-ISSN : 2655-2752 Desember 2019, Volume 2 No. 1 Hal. 86-9
Ginanjar A. Y. 2019. Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Vol. 13; No. 01; 2019; 121-129
Hayati, Rahmatul & Dwi Novri Asmara. 2021. Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika. JURNAL BASICEDU Vol. 5 No. 5 Tahun 2021 Hal. 3027 - 3033
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penetian Pendidikan Matematika 9(Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Karya Ilmiah dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis). Bandung: PT Refika Aditama.
Ningsih, Y. L. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori Apos Pada Materi Turunan. Edumatica, Vol. 6(1) : 1-8.
Turmuzi Muhammad, Nani K, Syahrul Azmi. 2021. Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Ditinjau Dari Gender Dan Gaya Belajar. Edu-mat: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 9, Nomor 1, April 2021, hlm. 25 – 37
Walle, J. V. 2001. Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally. Boston, MA: Allyn and Bacon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.