Main Article Content

Dheta Devika Sari
Henry Aditia Rigianti

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang berdasar pada pendekatan kualitatif dan kepustakaan yang memiliki tujuan untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan sistem pembelajaran secara online atau daring di seluruh Indonesia sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) para guru dan murid memiliki kendala dan permasalahan masing-masing; (2) dengan adanya sistem pembelajaran online atau daring dapat dikatakan lebih efektif; dan (3) pembelajaran yang dilakukan dengan jarak jauh dapat menekan angka penularan virus Corona dan hal ini tentu sejalan dengan kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah di Indonesia.

Article Details

References
Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346.
Arzayeva, M., Rakhimzhanov, K., Abdrahmanova, A., & Umitkaliev, U. (2015). Special aspects of distance learning in educational system. Anthropologist, 22(3), 449–454.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 Nomor 1 Halm 55-61.
Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: PT Rineka Cipta), 157
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education.
Iftakhar, S. (2016). GOOGLE CLASSROOM: WHAT WORKS AND HOW? Journal of Education and Social Sciences Naserly, M. K. (2020). IMPLEMENTASI ZOOM, GOOGLE CLASSROOM, DAN WHATSAPP GROUP DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS LANJUT (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155- 165. Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 1999), 57.
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).
Rahadian, D. (2017). Teknologi informasi dan komunikasi (tik) dan kompetensi teknologi pembelajaran untuk pengajaran yang berkualitas. TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 2(1).
Rothan, H. A., & Byrareddy, S. N. (2020). The epidemiology and pathogenesis of coronavirus disease (COVID-19) outbreak. Journal of Autoimmunity.