Main Article Content

Cut Nelga Isma
Rina Rahmi
Iba Elisa
Nasruddin

Abstract

Literasi membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan yang harus dikuasai siswa. Sayangnya, keterampilan ini masih menjadi masalah utama dalam dunia pendidikan khususya pada tingkat sekolah dasar. Hasil observasi awal diketahui masih banyak siswa yang tidak memahami apa yang dibacanya, bahkan tidak sedikit diantara mereka yang belum bisa membaca, untuk itu sekolah mengeluarkan kebijakan untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui program remedial membaca. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji program remedial membaca untuk meningkatkan literasi membaca siswa dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya dilakukan mellaui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan policy research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program remedial membaca dapat meningkatkan literasi membaca siswa. Program ini dilaksanakan melalui dua cara. Dimana untuk siswa kelas rendah, program remedial membaca dilaksanakan secara kelompok yang dikumpulkan dalam satu kelas dan diajarkan secara klasikal oleh beberapa guru. Sedangkan untuk kelas tinggi, program remedial membaca dilaksanakan secara individu atau perseorangan dengan menggunakan berbagai strategi dan metode. Keberhasilan program ini tentunya membutuhkan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak yang meliputi: guru, orang tua, dan siswa. Dengan demikian, kerjasama yang baik antar stakeholder akan menunjang keberhasilan siswa dalam memperoleh pendidikan yang berkualitas.

Article Details

References
Alvianto, V. (N.D.). Keterampilan Membaca Nyaring. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Nj5qk
Dosen, S., & Kudus, S. (2016). Menumbuhkan Minat Baca Dengan Pengenalan Perpustakaan Pada Anak Sejak Dini. Libraria: Jurnal Perpustakaan, 2(1). Https://Doi.Org/10.21043/Libraria.V2i1.1189
Edutech, W. D.-. (N.D.). Model Pembelajaran Remedial Membaca Permulaan Dengan Pendekatan Pengalaman Berbahasa Pada Siswa Sekolah Dasar. Ejournal.Upi.Edu.
Eko, S., Purwanto, M., & Pd, I. (2021). Strategi Pembelajaran.
Fauziah, H., Khusus, S., Putera, B., Tanggerang, C., Serpong, G., & Catalia, A. B. (N.D.). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas I Mi. E-Journal.Metrouniv.Ac.Id, 173.
Gereda, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia: Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Baik Dan Benar.
Halimah, A., Tarbiyah, F., Uin, K., Makassar, A., Sultan, J., 36, A. N., & Gowa, S. (2014). Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Sd/Mi. Journal3.Uin-Alauddin.Ac.Id, 1(Desember), 190–200.
Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Aksara: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10–24. Https://Doi.Org/10.23960/Aksara/V20i1.Pp10-24
Harahap, S., Sunendar, D., Sumiyadi, S., Basastra, V. D.-, & 2020, Undefined. (N.D.). Pembelajaran Sastra: Berbagai Kendala Dalam Bermain Drama Bagi Mahasiswa. Jurnal.Unimed.Ac.Id.
Harsono, A. S. R., Fuady, A., & Saddhono, K. (2012). Pengaruh Strategi Know Want To Learn (Kwl) Dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Smp Negeri Di Temanggung. Basastra, 1(1), 142–152.
Herianti, H., Andari, K., Guru, A. B.-J. I. P., & 2020, Undefined. (N.D.). Perbandingan Kemampuan Membaca Permulaan Antara Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Dengan Metode Global Berbantuan Media Gambar Di Kelas Ii Sdn. Trilogi.Ac.Id.
Ideyani Vita, N., Agus Zainal, M., Stik Pembangunan Medan, D., & Stik Pembangunan Medan, A. (2020). Gerakan Literasi Membaca: Studi Fenomenologi Tentang Gerakan Literasi Membaca Siswa Sma Negeri 2 Medan. Ejurnal.Stikpmedan.Ac.Id, 3(1).
Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. Https://Doi.Org/10.24090/Jk.V1i1.536
Membaca, K., Permulaan, M., Bengkel, S., Nugraheti, L., Sb, S., Sb, N. S., Pendidikan Guru, J., Dasarfakultas, S., & Pendidikan, I. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Strategi Bengkel Literasi Pada Siswa Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 68–74. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V7i1.5341
Minat Baca, P. (N.D.). .2.
Muhith, Abd. (2019). Pembelajaran Literasi Membaca Di Pondok Pesantren Sidogiri Kraton Pasuruan. Journal Of Islamic Education Research, 1(01), 34–50. Https://Doi.Org/10.35719/Jier.V1i01.8
Muhyidin, A., Rosidin, O., & Salpariansi, E. (2018). Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas Awal. Jpsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 30–42. Https://Doi.Org/10.30870/Jpsd.V4i1.2464
Ortodidaktika, M. K.-W., & 2018, Undefined. (N.D.). Efektivitas Metode Eja Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Belajar Membaca Kelas I Di Sd N. Journal.Student.Uny.Ac.Id.
Pendidikan, D. H.-, (J-P3k, P. D. K., & 2020, Undefined. (N.D.). Penggunaan Metode Silabel Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa. Jurnalp3k.Com.
Pratiwi, I., Dan, V. A.-S. D. K. T., & 2017, Undefined. (N.D.). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas Satu Sekolah Dasar. Journal2.Um.Ac.Id.
Rahma, M., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 397–410. Https://Doi.Org/10.37680/Qalamuna.V13i2.979
Rahmi, R. (2020). Inovasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), Vol.30 No., 111–123.
Rahmi, R. & Dkk. (2020). Relevance Of Bahasa Indonesia Main Materials With Hots (Higher Order Thinking Skills). Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol. 12 No, 83–96.
Rahmi, R., & Fadhil, I. (2022). Learning From Home: School And Parents Collaboration In Mi Ma’arif Darussalam Prambanan, Yogyakarta. Eduhumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 14(2), 133–139. Https://Doi.Org/10.17509/Eh.V14i2.43314
Ulfah, T. T., Assingkily, M. S., & Kamala, I. (2019). Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 59–69. Https://Doi.Org/10.30659/Jpai.2.2.44-54
Wiranty, W., & Wiranty, W. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Puisi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 284–294. Https://Doi.Org/10.31571/Edukasi.V15i2.638
Wulandari, W., Zikra, Z., & Yusri, Y. (2017). Peran Orangtua Dalam Disiplin Belajar Siswa. Jpgi (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 2(1), 24–31. Https://Doi.Org/10.29210/02216jpgi0005
Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding Of Biology Education, 3(1), 26–31. Https://Doi.Org/10.21009/Pbe.3-1.4