EFEKTIVITAS MODEL P3E BERORIENTASI METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD GMIT OEBUFU NO.7 KOTA KUPANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model P3E berorientasi metode ekperimen terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah True eksperimental yang menggunakan design pretest-postest control group design. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik random sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t yang diolah dengan bantuan SPSS 16 dengan menggunakan independent sample t-test. Hasil analisis lembar observasi pada ranah afektif dan psikomotorik nilai rata-rata 87,14 dan 81,77 dengan kriteria sangat baik. Uji normalitas pada kelas ekperimen 0,073> 0,05, dan kelas kontrol 0,115 > 0,05, maka H0 ditrima dan berdistribusi normal. Pada uji homogenitas nilai sig. tes awal 0,130 > 0,05 dan sig. tes akhir 0,160 > 0,05, maka siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai varians yang sama.
Article Details
Akbari, U. F., Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (n.d.). Model Word Square Berbantuan Media Gambar Dalam Pelajaran IPA Konsep Organ Pernapasan Manusia Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V SD. 4.
Bahtiar. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran P3E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah. Disertasi Tidak Dipublikasikan.
Ghufron, M. A. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, 6.
Khasna, F., T., Ahmad, R., & Nuriyah. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Eksperimen Dengan Pendekatan Kontekstual Di Kelas II SD Kota Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 353–358. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i2.782
Meilani, D., & Aiman, U. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad 21 terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik dengan Pengendalian Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 19–24. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.24419
Muhsam, J. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Model Inkuiri Terintegrasi Life Skills Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Oeba 3 Kupang. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.212
Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 252. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.6278
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.