Main Article Content

Fenny Tanalinal Khasna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model P3E berorientasi metode ekperimen terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah True eksperimental yang menggunakan design pretest-postest control group design. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik random sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t yang diolah dengan bantuan SPSS 16 dengan menggunakan independent sample t-test. Hasil analisis lembar observasi pada ranah afektif dan psikomotorik nilai rata-rata 87,14 dan 81,77 dengan kriteria sangat baik. Uji normalitas pada kelas ekperimen 0,073> 0,05, dan kelas kontrol 0,115 > 0,05, maka H0 ditrima dan berdistribusi normal. Pada uji homogenitas nilai sig. tes awal 0,130 > 0,05 dan sig. tes akhir 0,160 > 0,05, maka siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai varians yang sama.

Article Details

References
Aiman, U., & Ahmad, R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195
Akbari, U. F., Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (n.d.). Model Word Square Berbantuan Media Gambar Dalam Pelajaran IPA Konsep Organ Pernapasan Manusia Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V SD. 4.
Bahtiar. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran P3E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah. Disertasi Tidak Dipublikasikan.
Ghufron, M. A. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, 6.
Khasna, F., T., Ahmad, R., & Nuriyah. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Eksperimen Dengan Pendekatan Kontekstual Di Kelas II SD Kota Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 353–358. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i2.782
Meilani, D., & Aiman, U. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad 21 terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik dengan Pengendalian Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 19–24. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.24419
Muhsam, J. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Model Inkuiri Terintegrasi Life Skills Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Oeba 3 Kupang. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.212
Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 252. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.6278
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.