EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat efektivitas dari penerapan Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelektual (SAVI) terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bentuk dengan menggunakan desain One Group Pretest – Posttest Design. Metode pengumpulan data adalah tes berupa pilihan ganda dan dokumentasi. Hasil analisis uji hipotesis diketahui bahwa berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t, diketahui bahwa efektivitas model pembelajaran somatic auditory visual intelektual diperoleh thitung = 8,51 hal ini berarti model pembelajaran savi memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa karena nilai ini menunjukkan angka positif, dan pengaruh tersebut memiliki taraf signifikan 5%, dan nilai ttabel 2,09. Disimpulkan bahwa nilai thitung > ttabel berarti Ho ditolak sedangkan Ha diterima maka hipotesis penelitian ini adalah efektiv dilihat dari hasil nilai Pretest dan nilai Posttest siswa kelas V.
Article Details
Hamalik, O. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, M. (2017). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Belajar.
Kusumawati, N. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Dengan Model Pembelajaran SAVI Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Mangkujayan 1 Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 217-224.
Lestari, N. F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran SAVI dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Mengembangkan Keterampilan 4C di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 86-91.
Nafi’ah, A. S. (2018). Model–model pembelajaran bahasa Indonesia di
SD/ MI. Yogyakarta: Arr-ruzz Media.
Naibaho, L (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SD Budi Luhur. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 314-319.
Sarnoko. (2017). Penerapan Pendekatan SAVI Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Yogyakarta: PT.Lingkaran Tarnusa.
Shoimin, A. (2020). Model Pembelajaran Inovatisi Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: PT. Ar-Ruzz Media.
Sugyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Al- Fabeta.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.