Main Article Content

Riski Rahmadyanty Kiki
Susanti Faipri Selegi
Sylvia Lara Syaflin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat efektivitas dari penerapan Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelektual (SAVI) terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bentuk dengan menggunakan desain One Group Pretest – Posttest Design. Metode pengumpulan data adalah tes berupa pilihan ganda dan dokumentasi. Hasil analisis uji hipotesis diketahui bahwa berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t, diketahui bahwa efektivitas model pembelajaran somatic auditory visual intelektual diperoleh  thitung = 8,51 hal ini berarti model pembelajaran savi memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa karena nilai ini menunjukkan angka positif, dan pengaruh tersebut memiliki taraf signifikan 5%, dan nilai ttabel 2,09. Disimpulkan bahwa nilai thitung > ttabel berarti Ho ditolak sedangkan Ha diterima maka hipotesis penelitian ini adalah efektiv dilihat dari hasil nilai Pretest dan nilai Posttest siswa kelas V.

Article Details

References
Artini, E. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Savi dan Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Hamalik, O. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, M. (2017). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Belajar.

Kusumawati, N. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Dengan Model Pembelajaran SAVI Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Mangkujayan 1 Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 217-224.

Lestari, N. F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran SAVI dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Mengembangkan Keterampilan 4C di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 86-91.

Nafi’ah, A. S. (2018). Model–model pembelajaran bahasa Indonesia di
SD/ MI. Yogyakarta: Arr-ruzz Media.

Naibaho, L (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SD Budi Luhur. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 314-319.

Sarnoko. (2017). Penerapan Pendekatan SAVI Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Yogyakarta: PT.Lingkaran Tarnusa.

Shoimin, A. (2020). Model Pembelajaran Inovatisi Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: PT. Ar-Ruzz Media.

Sugyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Al- Fabeta.