PERAN ORANG TUA DAN SEKOLAH DALAM PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA SISWA (Studi Diskriptif Pada Siswa MIS Rambung Putri Betung Gayo Lues)
Main Article Content
Abstract
Penggunaan Bahasa Indonesia di kelas V MIS Rabung masih kurang mewarani siswa dalam berkomunikasi. Mereka terlihat terbata-bata, canggung bahkan tidak mampu sama sekali. Hal ini tidak sejalan dengan Perpress no 63 tahun 2019 tentang penggunaan bahasa Indonesia. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua terhadap kemampuan berbahasa Indonesia dan mendeskripsikan peran pihak sekolah dalam membiasakan siswa berbahasa Indonesia di MIS Rambung. Metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) peran orang tua terhadap kemampuan berbahasa Indonesia anak sangat kecil. Hal ini dikarenakan orang tua kurang mampu untuk mengajarkan bahasa Indonesia kepada anak. 2) peran sekolah dalam membiasakan siswa berbahasa Indonesia sudah besar. Kepala sekolah sudah menghimbau siswa menggunakan bahasa Indonesia, sedangkan peran guru dalam meningkatkan kemampuan siswa berbahasa Indonesia juga sudah besar. Guru membuat kelompok belajar sebagai pelatihan agar siswa terlatih berbicara menggunakan bahasa Indonesia antar sesama teman dan dibantu guru dalam proses pembelajaran.
Article Details
Azhari, Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Imajinasi Terhadap Keterampilan Bercerita Pada Anak Usia Dini, Artikel Ilmiah, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 2017.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. ke I, (Jakarta: Balai Pustaka, 1988).
Elizabeth B. Hurlock, Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, (Jakarta : Erlangga, 1999).
Elvinaro Ardianto, Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif, (Bandung : Simbiosa Rekatama Media,2011).
Febi Herdajani, Peran Orangtua Dalam Mencegah dan Menanggulangi Penggunaan Zat Adiktif Dan Psikotropika Pada Remaja, Skripsi yang tidak diterbitkan, Malang, 2013.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.