Main Article Content

Mochammad Djahjadi

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang memiliki tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dalam PBM didalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Geografi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode Diskusi Kelompok dan Pengukuran Hasil Pre-Post Tes dengan instrumen penelitian berupa soal tes, lembar observasi dan catatan lapangan yang dilaksanakan ke dalam 2 siklus tindakan, setiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan, setiap pertemuan 2 jam pelajaran (2 x 45 menit). Subjek penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu siswa Kelas XII IPS 2 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018-2019 SMA Negeri 2 Sumenep yang berjumlah 40 siswa, terdiri 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas dan hasil belajar siswa serta data pendukung berupa catatan lapangan dari hasil pengamatan teman sejawat. Kategori keberhasilan aktivitas belajar siswa didasarkan pada parameter adanya peningkatan rata-rata prosentase aktivitas belajar siswa dan taraf penguasaan tindakan. Sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan selisih skor antara pre-test dan post test serta ketuntasan materi belajar disetiap siklus. Temuan atau hasil dari penelitian ini selain diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Geografi siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 2 Sumenep juga ditemukan adanya kecenderungan pada akhir siklus II, siswa mulai terlihat bosan dengan pembelajaran yang diterapkan. Dengan temuan ini disarankan peran guru untuk selalu melakukan diversifikasi metode pembelajaran dalam setiap kegitan Proses Belajar Mengajar.

Article Details

References
Alfiah, D. 2008. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD Pada Konsep Mol Kelas I SMUN I Batu Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Anonim, 2011. Pengertian Motivasi Belajar (online),(http://motivasibelajar.net/pengertian-motivasi-belajar, diakses 14 juni 2011).
Anonim, 2011. Belajar, Mengajar dan Pembelajaran (online), (http://suratnomath.blogspot.com/2011/05/belajar-mengajar-dan-pembelajaran.htm, diakses 25 juni 2011).
Anonim, 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran (online),(http://krisna1.blog.uns.ac.id/files/2010/05/bel-pem-akhir.pdf, diakses 25 juni 2011).
Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dimyati., dan Mudjiono. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi DEPDIKBUD.
Hamzah B. Uno, 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayatullah, S. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw untuk Meningkatkan Aktifitas dan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas 2d MTSN Pademawu Pamekasan (skripsi tidak diplubikasikan) Malang: Universitas Negeri Malang.
Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Nur, M., dan Ismono. 2008. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA.
Liyati L, 2008. Studi komperatif prestasi belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan siswa yang tidak mengikuti bimbingan bealajar bidang studi fisika pokok bahasan listrik statis kelas II cawu I SMUN I Jember tahun pelajaran 2001/2002 (skripsi tidak diplubikasikan) jember: FKIP UNEJ.
Nurhadi., Burhan, Yasin., dan Agus G.S. 2009. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Ratumana, T.W. 2009. Belajar dan pembelajaran. Unesa University press.
Sanjaya, A. 2011. Motivasi Belajar Siswa (online), (http://aadesanjaya. blogspot.com/011/05/motivasi-belajar-siswa.html, diakses June 15, 2011).
Slameto. 2008. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: P.T. Rineka Cipta.
Sutarto,2008. Supervisi model 3 in one secara kolaborasi sebagai alternative pemandu peningkatan mutu pembelajaran IPA (fisika) pada pelaksanaan pendidikan system disentralisasi. Makalah (belum diterbitakan) pada seminar pekan ilmiah fisika jember :FKIP UNEJ.