PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan perbedaan kemampuan membaca permulaan siswa yang memanfaatkan multimedia interaktif berbasis Canva dengan siswa yang menggunakan media cetak. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen post-test only control group design. Siswa kelas I SD Negeri 31 Payakumbuh dijadikan sebagai populasi penelitian, dengan sampelnya siswa kelas IA sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IB sebagai kelompok kontrol. Tes, observasi, dan wawancara dijadikan sebagai metode pengumpulan data primer. Statistik deskriptif dan inferensial digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung 9,187 lebih tinggi dari ttabel 2,000. Nilai rata-rata kelompok eksperimen terhadap kemampuan membaca permulaan lebih besar daripada kelompok kontrol, yaitu 87,27 berbanding 65,77. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa siswa yang menggunakan multimedia interaktif berbasis Canva dan siswa yang menggunakan media cetak memiliki kemampuan membaca permulaan yang cukup berbeda secara signifikan.
Article Details
Adittia, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 9-20. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i1.5227.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran Edisi Revisi Cetakan Ke 21. Depok: Rajagrafindo Persada.
Deliany, N. H. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUCARE, 17(2), 90-97. https://doi.org/10.36555/educare.v17i2.247.
Ende, A. M. (2022). Perancangan dan Pembuatan E-Modul Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional (JTEV), 8(2), 193-199. https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.117118.
Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 20(1), 10-24. http://dx.doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24.
Helsa, Y. &. (2019). Edmodo-Based Blended Learning Media in Learning Mathematics. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (JTLEE), 2(2), 107-117. http://dx.doi.org/10.33578/jtlee.v2i2.7416.
Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa pada Mata Kuliah English for Information Communication and Technology. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial, dan Humaniora, 7(2), 80-89. http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v7i2,%20Oktober.3000.
Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 1-11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2345.
Kumullah, R. Y. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36-42. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i2.301.
Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil.
Muzdalifah, I. &. (2022). Pengembangan Big Book Berbasis Kearifan Lokal untuk Pembelajaran Membaca Permulaan di SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian , 8(1), 44-53. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p44-53.
Praheto, B. E. (2017). Peran Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia di PGSD. Proceedings Education and Language International Conference, 1(1), 173-177. .
Pratiwi, I. M. (2017). Analisis Kesulitan SIswa dalam Membaca Permulaan di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan , 26(1), 69-76. http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i12017p069.
Rahman, B. &. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia , 2(2),127-137, https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650.
Ritonga, S. &. (2022). Penggunaan Media Big Book dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1266-1272. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3129.
Suastika, N. (2018). Problematika Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57-64. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Tanjung, R. E. (2019). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. VOTEKNIKA, 7(2), 79-85. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261.
Wulanjani, A. N. (2019). 2610.21009/pbe.3-1.4E-ISSN: 2622-8815Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26-31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4.
Yanto, D. T. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 75-82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409.
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.