PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Media pembelajaran harus digunakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Media pembelajaran dapat dimanfaatkan untuk menginspirasi dan memotivasi siswa dalam belajar yang nantinya akan meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan review literatur tentang penggunaan media video pembelajaran dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitataif dengan pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Artikel yang direview dalam penelitian ini yaitu penelitian yang diterbitkan antara tahun 2014 dan 2022 membahas tentang video pembelajaran yang diterapkan pada siswa Seolah Dasar. Artikel berasal dari jurnal nasional terakreditasi yang diperoleh dari Google Schooler melalui aplikasi Publish or Perish. Penelitian ini mengungkapkan bahwa pembelajaan matematika di Sekolah Dasar sangat cocok dengan menggunaan video pembelajaran. Hal ini dikarenakan video pembelajaran dapat membantu siswa belajar lebih efektif dan meningkatkan minat belajar siswa.
Article Details
Aristya, M. E., & Muslim, A. (2021). Implementasi Media Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di SD Negeri 1 Cibangkong Janacitta, 4(September). http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/janacitta/article/view/1146
Aswasulasikin, Hadi, Y. A., Ibrahim, D. S. M., Suhirman, & Pujiani, S. (2021). Penggunaan Video dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 96–110. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/3828
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.741
Diah Purnami Dewi, P., Wayan Suniasih, N., & Kunci, K. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar A R T I C L E I N F O. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 156–166. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44775
Farida, L. A., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Sigma, 7(1), 30. https://doi.org/10.36513/sigma.v7i1.1209
Fitri, A., & Amelia, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Gunung Sahari Utara 01 Pagi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 945–956. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1199
Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93
Hali, F., & Farman. (2021). DESAIN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TURUNAN FUNGSI Universitas Sembilanbelas November Kolaka , Kolaka , Indonesia E-mail : Abstrak PENDAHULUAN Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah memberikan pengaruh dan kemajuan terhadap. Aksioma, 10(4), 2225–2236.
Ismailah. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Untuk Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 2–7. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index
Jamaliyah, R., & Wulandari, N. F. (2022). Implementasi Video Pembelajaran Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Man Purworejo. Jurnal Equation, 5(1), 41–50.
Marga Retta, A., & Fitriasari, P. (2022). Pengembangan video pembelajaran pada materi barisan dan deret untuk peserta didik kelas X SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 8(1), 63–72. https://doi.org/10.37058/jp3m.v8i1.4425
Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539–546. https://doi.org/10.52436/1.jpti.134
Nurfadhillah, S., Ramadan, F. C. T., Afianti, N. A., Huzaemah, & Erdian, A. E. (2021). Pengembangan Media Video Pada Pelajaran. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 333–343.
Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223
Prastica, Y., Hidayat, M. T., Ghufron, S., & Akhwani. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekoah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. http://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1347
Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic Literature Review : Penggunaan Kahoot Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 110–122. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2127
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Kebudayaan Lokal Pada Sekolah Dasar. Sebatik, 25(2), 590–597. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1649
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272
Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Dan Digital Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Yulianto, A., Sisworo, S., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 403–414. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1396

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.