PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STAD DI SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan STAD untuk mengkaji variasi hasil belajar siswa dalam matematika. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan non-equivalent group dan desain quasi-eksperimental. 30 siswa kelas V SD Negeri 12 Bukit Cangang menjadi kelompok model Jigsaw untuk sampel penelitian, dan 30 siswa SD Negeri 01 Benteng Pasar Atas menjadi kelompok model STAD. Para siswa ini dipilih dengan menggunakan pendekatan purposive sampling. Pertanyaan pilihan ganda digunakan untuk mengumpulkan data, yang kemudian dianalisis menggunakan metode analitik statistik inferensial (ttest polled variance). Temuan penelitian mengungkapkan bahwa model koperasi STAD dan model koperasi Jigsaw menghasilkan hasil belajar siswa yang berbeda untuk matematika (Thitung = 4,74 > Ttabel = 1,67155). Hal ini menunjukkan bahwa dari segi hasil belajar matematika, model kooperatif tipe Jigsaw lebih unggul dibandingkan model kooperatif tipe STAD.
Article Details
Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Irianto, Agus. 2008. Statistik:Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana
Mujiani, Dwi Safitri. 2016. “Pengaruh Media Pembelajaran dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswaâ€. Jurnal Pendidikan Dasar (Volume 7 Edisi 2). Hlm. 199-209
Ikhanuddin, Muhammad. 2010. â€Efektivitas Pembelajaran Matematika Kooperatif Jigsaw dan Teams Games Tournamen (TGT) Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kabupaten Sukoharjoâ€. Tesis tidak diterbitkan.Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Persatuan guru. 2016. Hasil Studi TIMSS (Trends In International Mathematics and Science Study) Indonesia Berada Pada Rangking (Online) www.kompasnesia .com, diakses 21 Juni 2017.
Pranata, Angga. 2013.â€Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pada Konsep Cahayaâ€. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Purwaaktari, Eni. 2015. “Pengaruh Model Collaborative Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Sikap Sosial Siswa Kelas V SD Jarakan Sewon Bantulâ€. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan (Volume 8 Nomor 1). Hlm. 95-111
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.