Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Implementasi Kurikulum 2013 terhadap Penguatan Pendidikan Karakter di Indonesia. Artikel ini ditulis menggunakan metode Literatur Review. Pendidikan adalah proses perubahan tingkah laku. Tujuan pendidikan adalah untuk mencerdaskan manusia agar siap menghadapi kehidupan dimasa depan. Pendidikan dalam suatu negara perlu diperhatikan dan ditingkatan agar dapat mencapai tujuan dalam pendidikan. Kurikulum merupakan inti dari proses berlangsungnya pendidika yang berfungsi menentukan proses dan hasil belajar dalam sistem pendidikan. Kurikulum adalah sarana yang dipakai sekolah untuk memenuhi rencana pendidikan. Kurikulum menjadi dasar dalam pelaksanaan pembelajaran pada semua jenjang pendidikan. Pendidikan karakter merupakan upaya terencana yang dilakukan sekolah untuk memberikan pendidikan kepada peserta didik agar menjadi manusia yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa.
Article Details
Andiarini, S. E., & Imron Arifin, A. (2018). Implementasi program penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan dalam peninkatan mutu sekolah. jurnal adminitrasi dan manajemen pendidikan, 1(2), 238-244.
Arsyad, M. (2019). Aspek sikap pada kurikulum 2013. 2020.
Asri, M. (2017). Dinamika kurikulum Di indonesia. Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 192-202.
Astutik, P. P. (2016). Integrasi penguatan pendidikan karakter (ppk) dan hots dalam Pembelajaran tematik SD. Seminar Nasional Pendidikan, 343-354.
Budiani, S., & Sudarmin, R. (2017). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pelaksana Mandiri. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 45-57.
Deviana, T., & Dian Ika Kusumaningtyas. (2019). Analisis Kebutuhan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS (hIGHER of Order Thinking Skills) Pada Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 05 Batu. Jurnal Pendidikan, 3(2), 64-74.
Dr. H. Bujang Rahman, M. (2013). Rekonstruksi paradigma pendidikan untuk memperkuat karakter bangsa melalui implementasi kurikulum 2013.orasi ilmiah, -(-), 1-16.
Elwien, & Sulistya , N. A. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Manajemen Pendidikan, 24(5), 416-423.
Fahira, N., & Zaka Hadikusuma Ramadan. (2021). Analisis Penerapan 5 Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 649-660.
Faidin, N. (2019). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Palibelo. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 208- 211.
Gunawan, I. (2012). Pendidikan Karakter. Alfabeta, 1-17.
Halek, Dahri Hi. (2018). Kurikulum 2013 dalam Perspektif Filosafi. Artikel ilmiah Pendidikan Geografi, 3(2), 1-10.
Harun, C. Z. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, III(3), 302-308.
Haryati, S. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. FKIP-UTM, 1-21.
Kaimuddin. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu, 14(1), 47-64.
Khotimah, D. N. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5S di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 28-31.
Lestari, A., & Dea Mustika. (2021). Analisis Program Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar Negeri. JURNAL BASICEDU, 5(3), 1577-1583.
Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, IIIII(1), 71-94. doi:10.14421/jpi.2014.31.71-94
Muhammedi. (2016). Perubahan Kurikulum Di Indonesia: Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam Yang Ideal. RAUDHAH, IV(1), 39-70.
Novitasari, R. D., Wijayanti, A., & Artharina, F. P. (2019). Analisis Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 79-86.
Saffina, A. D., Simatupang, F. F., & Simatupang, i. M. (2020). Perubahan Kurikulum Di Awal Era Reformasi (2004-2006) Dan Dampaknya Terhadap Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, 2(1), 52-62.
Salma. (2021). Pengertian tinjauan Pustaka, manfaat, cara membuat dan contoh lengkap. Jl. Rajawali G. elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Dromo Sardonoharjo, Ngaglik, Slemen, D.I. Yogyakarta 55581: deepublish.
Siregar, L. P., & Mawardi,E. (2019). Implementasi kurikulum 2013 terhadap karakter siswa di MAN 2 model Padang Sidimpuan Sumatera Utara. Jurnal Jeumoa, 6910, 160-165.
Subagia, I. W &, I G. L. Wiratma. (2016). Profil Penilaian hasil belajar siswa berdasarkan kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 39-54.
Wahyuni, F. (2015). Kurikulum dari masa ke masa (telaah atas penetapa kurikulum Pendidikan di Indonesia. Al-Adabiya, 10(2), 1-7.
Wicaksono, junaris Agung. (2018). Perkembangan kurikulum Pendidikan di Indonesia dalam perspektif kebijakan public. Jurnal Studi Islam dan Sosial, 11(2), 47-66
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.