Main Article Content

Reny Puji Damayanti WR
Jefri Nur Hidayat
Kadarisman Kadarisman

Abstract

Permasalahan siswa kelas VIII SMPN 2 Kalianget yang alami yaitu petunjuk praktikum IPA belum memuat komponen secara jelas dan lengkap. Hal tersebut membuat siswa tidak memahami kegiatan praktikum yang dilakukan. SMPN 2 Kalianget memiliki potensi daerah pesisir sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk Petunjuk Praktikum IPA berbasis pesisir, mengetahui kelayakan serta respon siswa terhadap petunjuk praktikum tersebut. Metode yang digunakan yaitu model 4-D yang terdiri dari define, design, develop dan desimenate. Instrumen pengambilan data yang digunakan terdiri dari instrumen kelayakan materi, tampilan dan format serta Instrumen respon yang berupa angket respon siswa. Uji coba awal (Initial Testing) dilakukan kepada 5 siswa dan uji coba kuantitatif (Quantitative Testing) dilakukan kepada 24 Siswa. Berdasarkan hasil penelitian, (1) kelayakan petunjuk praktikum mendapat nilai sebesar 89,60% dengan kategori sangat layak (2) respon siswa sebesar 84,38% dengan kategori sangat baik. Jadi, petunjuk praktikum berbasis pesisir sudah dinyatakan sangat layak dan sangat baik untuk digunakan sebagai media pendukung saat kegiatan praktikum.

Article Details

References
Amri, S. (2013). Pengembangan Dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustaka.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. (A. Rahman, Ed.) (Revisi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Budiarti, W., & Oka, A. A. (2014). Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi Berbasis Pendekatan Ilmiah ( Scientific Approach ) Untuk Siswa Sma Kelas Xi Semester Genap Tahun. Pendidikan Biologi, 5(2), 123–130. Retrieved from http://fkip.ummetro.ac.id
Habibi. (2013). Pengantar Teori Belajar. Sumenep: Unija Press.
Habibi, Anekawati, A., & Wati, H. D. (2012). Pembelajaran Ipa Berbasis Kultur Masyarakat Pesisir. Sumenep: Unija Press.
Kamus, T. penyusun pusat. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (3. Cetakan). Jakarta: Balai Pustaka.
Kusuma, F. W., & Mimin Nur Aisyah. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, X(2), 43–63. Retrieved from http://journal.uny.ac.id
Lijana, Panjaitan, R. G. P., & Wahyuni, E. S. (2018). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Komik Pada Materi Ekologi Di Kelas X SMA. Retrieved from httpswww.google.co.idurlq=httpjurnal.untan.ac.idindex.phpjpdpbart
PERMENDIKBUD. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia (2013).
Prabowo, C. A., Ibrohim, & Saptasari, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboratorium Virtual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1090–1097. Retrieved from http://journal.um.ac.id
Prayitno, T. A. (2017). Pengembangan Petunjuk Praktikum Mikrobiologi Program Studi Pendidikan Biologi. Jurnal Biota, 3(1), 31–37. Retrieved from https://www.researchgate.net
Purwana, U. (2012). Profil Pengetahuan Awal (prior knowledge) Siswa SMP Tentang Konsep Kemagnetan. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2). Retrieved from jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPM/article/view/406%0A
Rasmiati, Azizah, L. F., & Herowati. (2016). Pengembangan Petunjuk Praktikum Ipa Berbasis Kultur Masyarakat Pesisir Untuk Siswa Kelas VII SMPN 5 Sumenep, 8(20), 38–53.
Saputra, A., Wahyuni, S., & Handayani, R. D. (2016). Pembangunan Modul Ipa Berbasis Kearifan Lokal Daerah Pesisir Puger Pada Pokok Bahasan Sistem Transportasi Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 182–189.
Sara, L. (2014). Pengelolaan Wilayah Pesisir Gagasan Memelihara Aset Wilayah Pesisir Dan Soluso Pembangunan Bangsa. Kendari: Alfabeta.
Setiawan, H. W., & Wiyardi, R. S. (2015a). Penggunaan App Inventor Dalam Pembuatan Game Education Berbasis Android Sebagai Media Pembalajaran Yang Mandiri Dan Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Titl Pada Pembelajaran Listrik Dasar Smk Muhammadiyah Majenang. Journal of Education, 4(1), 24–30.
Setiawan, H. W., & Wiyardi, R. S. (2015b). Penggunaan App Inventor Dalam Pembuatan Game Education Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Yang Mandiri Dan Interaktif Untu Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Titl Pda Pembelajaran Listrik Dasar Smk Muhammadiyah Majenang. Jurnal Edu Elektrika, 4(1), 24–30. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id
Setiawati, E., Rahayu, H. M., & Setiadi, A. E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul pada Materi Animalia Kelas X SMAN 1 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1), 47–57. Retrieved from http://repository.unmuhpnk.ac.id
Sofiana, N., Dp, N. M., & Nugroho, S. E. (2012). Pengembangan Evaluasi Peta Konsep Dalam Pembelajaran Inkuiri Pada Pokok Bahasan Kalor. Unnes Physics Education Journal, 1(2257), 38–43.
Subamia, I. D. P., Wahyuni, I. G. A. N. S., & Widiasih, N. N. (2014). Pengembangan Perangkat Penunjang Praktikum IPA SMP Berorientasi Lingkungan. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(1), 29–39.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. ERIC. Indiana: ERIC. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED090725.pdf
Waluyo, M. E., & Parmin. (2014). Pengembangan Panduan Praktikum Berbasisi Inkuiri Terbimbing Tema Fotosintesis Untuk Menumbuhkan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa Smp. Usej, 3(3). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/usej.v3i3.4286
Widiadnyana, I., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2).