Main Article Content

Ach. Andiriyanto

Abstract

Mengetahui peningkat hasil belajar bahasa Inggris mahasiswa menggunakan model tutorial berbasis komputer merupakan tujuan dari penelitian ini. Subjek Penelitian ini adalah mahsiswa di Universitas Wiraraja Sumenep. Dengan penelitian ini diharapkan nantinya dapat menghasilkan variasi pembelajaran yang effektif yang dapat memotivasi mahasiswa dalam pembelajaran bahasa inggris khususnya pada topik tenses.
Penelitian ini meggunakan metode penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Dalam pelaksanaannya menggunakan dua siklus, yang mana tiap siklus tediri atas empat tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik penelitian yang digunakan padapengambilan sample adalah random sampling. Instrument yang digunakan tes pilihan ganda tertulis.
Ditinjau dari fokus penelitian diperoleh hasil bahwa proses pembelajaran bahasa Inggris khususnya pada bahasan tenses menggunakan model tutorial berbasis komputer bisa terlaksana dengan maksimal dan lancar serta terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi mahasiswa. Selain itu perkuliahan menggunakan model tutorial berbasis komputer juga memiliki dampak positif yaitu bisa menumbuhkan semangat mahasiswa untuk lebih mandiri, kreatif, disiplin waktu, dan lebih aktif saat proses pembelajaran dikelas.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tutorial berbasis komputer ini mampu meningkatkan ketuntasan belajar mahasiswa sebesar 34,20% pada siklus I, sedangkan pada siklus II naik 23,90 % yaitu menjadi 88,10%. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan sebesar 11,8 poin pasa siklus pertama dan 10,7 poin pada siklus kedua. Hasil posttest menunjukkan bahwa 88% mahasiswa mendapat nilai >70, jadi kondisi ini sudah memenuhi Indikator keberhasilan penelitian yang sudah ditetapkan yaitu 75 % mahasiswa telah mencapai nilai minimal 70.

Article Details

References
Arikunto, Suharsini. 1998. “Prosedur Penelitian”. Jakarta : Rineka Cipta.
Brown,H.D. 2004. “Language Assesment: principle and classroom practices”. New York: Longman, Pearson Education,Inc
Kagan S. and kagan M. 1998. Multiple Intelegences: The Complete MI Book. University of Virginia: Kagan Cooperative Learning.
Kunandar. 2012. “Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru”. Jakarta:PT.GrafindoPersada
Mc Carthy and O’Dell. 1999. “English Vocabulary in Use: elementary”. Cambridge University Press.
Nana, Sudjana. 2009. “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar”. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nation, I. S. P. 2001. “Learning vocabulary in another language”. Cambridge: Cambridge University Press.
Ngalim Purwanto. 2004. “Psikologi Pendidikan”. andung:RosdaKarya
Nunan, David. 2006. “Practical English Language Teaching Young Learners”. New York: McGraw-Hill ESL/ELT
Nunan, D. 1991. “Language teaching methodology: A textbook for teachers”. Sydney: Prentice Hall International (UK) Ltd
Penny Ur. 1991. “A Course in Language Teaching: Practice and Theory”. Cambridge University Press.
Sardiman A.M. 2007. “Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada .
Stahl, A. Steven and Nagy, E. William. 2005. “Teaching Word Meaning”. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Suyanto. 1997. “Pedoman PelaksanaanPenelitian Tindakan Kelas (PTK)., Bagian satu”. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud Proyek Pendidikan Tenaga Akademik Bagian Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (BP3GSD)
Sukarno. 2009. “Penelitian Tindakan Kelas Prinsip-Prinsip Dasar, Konsep danImplementasinya”. Surakarta: Media Perkasa.