Main Article Content

Rini Yudiati
Ach. Andiriyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh “Mobile learning” sebagai penunjang penguasaan kosa kata pada Mahasiswa dilihat dari hasil pembelajaran, dan untuk mengetahui tingkatan motivasi mahasiswa dalam penggunaan teknik “Mobile learning”. Metode dari penelitian ini menggunakan PTK yang dilakukan pada mahasiswa FKIP semester 1 di lingkungan Universitas Wiraraja. Hasil dari penelitian ini adalah prosentase mahasiswa tuntas belajar pada kondisi awal pada siklus I 60%, siklus II 90%. Sedangkan dalam penelitian ini mempunyai standar KKM 75%. Selain itu, Nilai rata-rata kelas  mengalami peningkatan pada siklus I dari 59,5% menjadi 70% dan pada siklus II menjadi 81,7%. Maka pada penelitian ini ditetapkan bahwa Indikator keberhasilan tentang nilai   rata-rata   kelas  telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Article Details

References
Ardana, I Made Sri. 2004. Rancang Bangun Sistem Penerimaan Siswa Baru Pada Dinas Pendidikan Kota Denpasar Berbasis Web & SMS. Tugas Akhir. Program Studi S1 STIKOM, Surabaya.
Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Nunan, D. (1991). Language teaching methodology: A textbook for teachers. Sydney: Prentice Hall International (UK) Ltd.
Sardiman A.M. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.
Stahl, A. Steven and Nagy, E. William. 2005. Teaching Word Meaning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Thornbury, Scott. 2002. How to Teach Vocabulary. Pearson Education Limited.
Tarigan, H. G. (1986).Pengajaran kosakata. Bandung: Penerbit Angkasa.
Winkel, WS. 2001. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.