Main Article Content

Zainorrahman Zainorrahman
Lutfiana Fazat Azizah
Kadarisman Kadarisman

Abstract

Siswa akan mencapai tujuan pembelajaran dengan baik apabila sarana pembelajaran di sekolah memadai. Salah satu cara untuk mengatasi minimnya sarana yaitu dengan mengembangkan media berbasis Pop Up Book. Pop Up Book merupakan buku yang menampilkan satu objek berupa gambar yang bergerak pada saat halamannya dibuka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media Pop Up Book serta respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis Pop Up Book. Penelitian ini dilakukan di MTs Raudhatut Thalibin Kolor Sumenep dengan populasi siswa sebanyak 26 orang. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D Thiagarajan yang terdiri dari (define, design, develop,  dan desseminate). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen validasi materi, instrumen validasi desain, instrumen validasi format, dan angket respon siswa. Data hasil penelitian yaitu (1) kelayakan media Pop Up Book dilihat dari hasil validasi materi, validasi desain, dan validasi format memperoleh nilai rata-rata sebesar 91,25% dengan kategori sangat layak; dan (2) respon siswa sebesar 98,96% dengan kategori sangat baik.

Article Details

References
Aly, A., & Rahma, E. (2009). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Andung, M. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Konvensional Pop Up Book Materi Pokok Daur Hidup Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Kalasan 1. yogyakarta. Retrieved from https://repository.usd.ac.id/11771/2/131134263_full.pdf
Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2007). Standart Proses, Pub. L. No. 41
Korniawati, A., Kusumo, E., & Susilaningsih, E. (2016). Validitas Chemistry Handout Sebagai Inovasi Bahan Ajar Stoikiometri Berstrategi Pbs Bervisi Sets. Inovasi Pendidikan Kimia, 10, 1629–1640. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=444883&val=5666&tit
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Pramesti, J. (2015). Pengembangan Media Pop-Up Book Tema Peristiwa Untuk Kelas III SD Negeri Pakem 1. Pendidikan. Yogyakarta. Retrieved from journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/vieFile/1194/1066
Silberman, Mel & Auerbach, Carol. (2013). Active Training. Bandung: NUSA MEDIA
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook., (Indiana: Indiana University). Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED090725.pdf
Zahro, L. (2016). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Multimedia Pop Up Di Kelas II MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung. Universitas islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. Retrieved from etheses.uin-malang.ac.id/5563/1/14760022.pdf