Main Article Content

Lutfiyan Nurdianah

Abstract

Kegiatan belajar mengajar dapat dikatakan efektif jika selama kegiatan tercipta suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, kondusif serta komunikatif. Mata pelajaran Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang sangat dibutuhkan di masa depan. Maka perlu bagi pendidik untuk menentukan strategi yang sesuai terutama untuk meningkatkan pengetahuan konseptual peserta didik. Salah satu solusinya adalah menggunakan strategi role playing. Penelitian ini dilakukan di kelas IV MI Baitussalam Gresik yang berjumlah 24 peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah pretest, posttest, dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Dari analisis ini didapatkan bahwa pretes diperoleh skor rata-rata 68.75 sedangkan pada postes diperoleh skor rata-rata 80,41. Dapat terlihat adanya perubahan yang meningkat dari nilai pretes dan postes setelah penggunaan strategi role playing. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi Role playing dapat meningkatkan pengetahuan konseptual peserta didik.

Article Details

References
Aisyah, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Speaking Siswa. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 9–16.
Arnidha, Y. (2016). Analisis Kemampuan Pengetahuan Konseptual dan Prosedural Siswa SD dalam Pokok Bahasan Pecahan. JPGMI, 2(1).
Barizah, B., & Alexon. (2018). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berbicara Siswa (Studi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 11 Kota Bengkulu). DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(2), 2018.
Castro, L., & Villafuerte*, J. (2019). Strengthening English Language Teaching in Rural Schools through the Role-Playing: Teachers Motivations. International Journal of Educational Methodology, 5(2), 289–303. https://doi.org/10.12973/ijem.5.2.289
Creswell, J. (2018). Key Point Chapter Summaries for John Creswell’s Research Design Textbook on Qualitative, Quantitative, & Mixed Methods Approach. 1–40.
Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. KEMENDIKBUD RI.
Kemendikbud Ristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Inggris Fase A-Fase F. In Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran, Menpendikbudristek 1 (2022). https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220711_121315_Fix Salinan JDIH_Kepmen Perubahan 56 Pemulihan Pembelajaran.pdf
Milyane, T. M., Umiyati, H., Putri, D., Juliastuti, Akib, S., Daud, R. F., Dawami, Rosemary, R., Adiarsi, G. R., Athalarik, F. M., Puspitasari, M., Andi, Ramadhani, M. M., & Rochmansyah, E. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi.
Mulbar, U. (2023). Deskripsi Pengetahuan Konseptual Matematis Siswa SMK pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. 7(1), 1–14.
Nurfarhanah. (2015). Teori belajar menurut aliran psikologi Gestalt serta implikasinya dalam proses pembelajaran. Lentera: Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 15(15), 34–35.
https://www.neliti.com/publications/146880/teori-belajar-menurut-aliran-psikologi-gestalt-serta-implikasinya-dalam-proses-p
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL, 19
Zitteliana 159 (2003).
Prasetyo, A. D. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA pokok bahasan bumi dan alam semesta kelas VI SD Negeri Ngringin Depok Sleman. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 6(7), 684–697. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/fiptp/article/view/8410
Purwati, R. P. (2020). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Dengan Pendekatan Discovery Learning Menggunakan Google Classroom. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(1), 202. https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45725
Puskur Dikbud Ristek. (2021). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. In Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Sari, L., & Rustiana, A. (2013). Model Bermain Peran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Prinsip-Prinsip Pelayanan Prima. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, VIII(1), 38–44.
Separ, F. M. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris di SMAK Santo Petrus Ende. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 1175–1180. http://www.nber.org/papers/w16019
Sinaga, Y. R., Sinaga, R., Marianus, S. M., & Tanjung, D. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Viii Kelas Sd Negeri 060934 Medan. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (6), 1899–1911.
Titin Adicita, Hamuni, & Wa Ode Hijrah. (2023). Peranan Guru Pada Implementasi Kuriklum Merdeka Pada Komponen Pembuatan Modul Ajar Pendidikan Pancasila Di SMP Negeri 10 Kendari. Selami Ips, 16(2), 109–113. https://doi.org/10.36709/selami.v16i2.35
van den Berg, B., & van der Spek, C. F. (2019). The appropriation of symbolic language in worldview education through bibliodrama. Education Sciences, 9(2), 1–14. https://doi.org/10.3390/educsci9020088
Wisman, Y. (2017). Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2), 646–654. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i2.2039