PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 61 SUNGAI RAYA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash Professional CS6 yang tervalidasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan desain "ADDIE". Prosedur pengembangan penelitian ini adalah analisis, desain, dan pengembangan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen penelitian yang dipilih peneliti dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan penelitian ini adalah analisis, desain, dan pengembangan. Dengan tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan sangat baik ditinjau dari aspek desain dan materi dengan nilai rata-rata (3,52), (3,61), dan (3,63). Dengan demikian produk media pembelajaran interaktif yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran
Article Details
Arsyad A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asyhar R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Borg W. R. & Gall M. D. (2003). Educational Research: an Introduction (7. ed). New York: Logman Inc.
Darmawan D. (2012). Inovasi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Gunawan I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kadir A. & Asrohah H. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta : Raja Grafindo.
Mahrani. (2017). Quantum Teaching: Dalam Pembelajaran Aktif – Tematik di Sekolah Dasar. Pontianak: IGI DIY.
Munadi Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rpsdakarya.
Munir. (2012). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Richey, Rita C, & Klein J. D. (2007). Design and Development Research: Methods, Strategies, and Issues.
Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sanjaya W. (2009). Strategi Belajar Mengajar Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Slavin E. R. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice. Pearson Education. New Jersey.
Smaldino, Sharon E, Lowther, Deboran L, Russel & James D. (2011) Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar. (Alih Bahasa: Arif Rahman). Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata S. N. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sunyoto A. (2010). Adobe Flash + XML = Rich Multimedia Application. Yogyakarta: Andi Offset.
Sutopo A. H. (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: PT. Graha Ilmu.
Tim Dosen FKIP. (2019). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura. Edisi revisi. Pontianak: Edukasi Press FKIP Untan.
Uno H. B & Nurdin M. (2014). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibawanto W. (2017). Desain dan Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.
Widoyoko E. P. (2018). Metode Penenlitian Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widoyoko E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penenlitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.