Main Article Content

Aang Ramadan
Hery Kresnadi
Siti Halidjah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash Professional CS6 yang tervalidasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan desain "ADDIE". Prosedur pengembangan penelitian ini adalah analisis, desain, dan pengembangan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen penelitian yang dipilih peneliti dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan penelitian ini adalah analisis, desain, dan pengembangan. Dengan tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan sangat baik ditinjau dari aspek desain dan materi dengan nilai rata-rata (3,52), (3,61), dan (3,63). Dengan demikian produk media pembelajaran interaktif yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran

Article Details

References
Ariani N. (2010). Pembelajaran Multimedia Di Sekolah. Jakarta: Prestasi.
Arsyad A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asyhar R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Borg W. R. & Gall M. D. (2003). Educational Research: an Introduction (7. ed). New York: Logman Inc.
Darmawan D. (2012). Inovasi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Gunawan I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kadir A. & Asrohah H. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta : Raja Grafindo.
Mahrani. (2017). Quantum Teaching: Dalam Pembelajaran Aktif – Tematik di Sekolah Dasar. Pontianak: IGI DIY.
Munadi Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rpsdakarya.
Munir. (2012). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Richey, Rita C, & Klein J. D. (2007). Design and Development Research: Methods, Strategies, and Issues.
Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sanjaya W. (2009). Strategi Belajar Mengajar Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Slavin E. R. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice. Pearson Education. New Jersey.
Smaldino, Sharon E, Lowther, Deboran L, Russel & James D. (2011) Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar. (Alih Bahasa: Arif Rahman). Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata S. N. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sunyoto A. (2010). Adobe Flash + XML = Rich Multimedia Application. Yogyakarta: Andi Offset.
Sutopo A. H. (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: PT. Graha Ilmu.
Tim Dosen FKIP. (2019). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura. Edisi revisi. Pontianak: Edukasi Press FKIP Untan.
Uno H. B & Nurdin M. (2014). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibawanto W. (2017). Desain dan Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.
Widoyoko E. P. (2018). Metode Penenlitian Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widoyoko E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penenlitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.