Main Article Content

Lovika Ardana Riswari
Nimas Wulan Sari
Silvy Anjani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kemampuan siswa SD kelas 1 di Desa Paren dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yakni metode yang menggambarkan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas 1 SD. Populasi penelitian berjumlah 4 orang siswa kelas 1 SD di Desa Paren. Proses pengambilan data dengan cara memeberikan tes soal cerita kepada siswa yang harus dilakukan siswa secara matematis. Sehingga didapatkan hasil analisis bahwa kemampuan siswa terbilang cukup baik, ditunjukkan dengan rata-rata siswa sudah mengerti maksud soal dan dapat menyelesaikannya secara matematis. Dari 4 siswa terdapat 1 siswa yang belum mampu menyelesaikan soal cerita operasi bilangan bulat dengan baik, sehingga siswa tersebut memerlukan arahan dari peneliti dalam penyelesaiaan soal.


 

Article Details

References
Agustina, A., Kesumawati, N., & Dirgantara, M. R. D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Antara Siswa yang Mendapat Pembelajaran Discovery Learning dan Pembelajaran Inkuiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1225-1231.

Azra Akila Nihaya, Nila Kesumawati, & Marvinda Rizki Dita Dirgantara. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1427-1438. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3265

Chariri, A. (2009). Landasan Filsafat dan Metode Penelitian Kualitiatif. In Landasan Filsafat Dan Metode Penelitian Kualitatif.

Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI ( Papan Pecahan Pizza ). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028-1034.

Nadhifah, G., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 33-44.

Ningrum, A. M., Fashali, A. J. I., & Malini, R. (2019). TTM ( Teka-Teki Matematika ) Sebagai Media Pembelajaran Guna Membantu Siswa Memahami Materi Operasi Bilangan. Jurnal Equation, 2(2), 133-144.

Rahayu, D. V., & Afriansyah, E. A. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Pelangi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 29-37.

Riswari, L. A., & Bintoro, H. S. (2020). The Influence of Problem-Based Learning Model in Improving Student Engagement in Mathematics. JSPD, 6(2), 158-173.

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2023). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(2), 431-439. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807

Zaozah, E. S., Maulana, M., & Djuanda, D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 781-790.