ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA SOAL CERITA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT KELAS 1 SEKOLAH DASAR DI DESA PAREN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kemampuan siswa SD kelas 1 di Desa Paren dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yakni metode yang menggambarkan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas 1 SD. Populasi penelitian berjumlah 4 orang siswa kelas 1 SD di Desa Paren. Proses pengambilan data dengan cara memeberikan tes soal cerita kepada siswa yang harus dilakukan siswa secara matematis. Sehingga didapatkan hasil analisis bahwa kemampuan siswa terbilang cukup baik, ditunjukkan dengan rata-rata siswa sudah mengerti maksud soal dan dapat menyelesaikannya secara matematis. Dari 4 siswa terdapat 1 siswa yang belum mampu menyelesaikan soal cerita operasi bilangan bulat dengan baik, sehingga siswa tersebut memerlukan arahan dari peneliti dalam penyelesaiaan soal.
Article Details
Azra Akila Nihaya, Nila Kesumawati, & Marvinda Rizki Dita Dirgantara. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1427-1438. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3265
Chariri, A. (2009). Landasan Filsafat dan Metode Penelitian Kualitiatif. In Landasan Filsafat Dan Metode Penelitian Kualitatif.
Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI ( Papan Pecahan Pizza ). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028-1034.
Nadhifah, G., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 33-44.
Ningrum, A. M., Fashali, A. J. I., & Malini, R. (2019). TTM ( Teka-Teki Matematika ) Sebagai Media Pembelajaran Guna Membantu Siswa Memahami Materi Operasi Bilangan. Jurnal Equation, 2(2), 133-144.
Rahayu, D. V., & Afriansyah, E. A. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Pelangi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 29-37.
Riswari, L. A., & Bintoro, H. S. (2020). The Influence of Problem-Based Learning Model in Improving Student Engagement in Mathematics. JSPD, 6(2), 158-173.
Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2023). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(2), 431-439. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807
Zaozah, E. S., Maulana, M., & Djuanda, D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 781-790.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.