Main Article Content

Lovika Ardana Riswari
Purbo Kusumo
Candra Rachmadita Hapsari

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan kemampuan penting yang harus dikembangkan oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran tentang persegi dapat menjadi objek pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa, namun perlu diperhatikan kembali faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dan strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Rencana penelitian ini menggunakan studi kasus yang meliputi: mengumpulkan data, eksplorasi, menganalisis, dan merangkum data supaya dapat diambil kesimpulan yang spesifik dan fokus penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas IV di SD N Bintoro 5 Demak yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil dari uji tes tertulis yang telah dilaksanakan, terdapat tiga kategori: tinggi, sedang, dan rendah. Pada kategori tinggi dengan nilai ≥ 66,7 terdapat 25 siswa yang menunjukkan persentase 83,33%. Sedangkan, 5 siswa lainnya berada pada kategori sedang dengan nilai 33,3 ≤ x 66,7 yang menunjukkan persentase 16,33%. Diperoleh kesimpulan bahwa (1) Lebih dari 50% siswa dapat menyelesaikan masalah persegi pada soal yang diberikan. Hal ini ditunjukkan dengan 25 siswa atau sebesar 83,33% berada pada kategori tinggi. (2) Dengan persentase kemampuan siswa yang tinggi, metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru bisa dikatakan berhasil.

Article Details

References
Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167-178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.630
Delis, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Manipulatif Mika Transparan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 7(01), 19. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v7i01.3286
Erviana, T. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Aljabar Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 61-73. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.61-73
Hayati, Z., Jarmita, N., & Wardaturrahmah, C. (2022). KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 6. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(2), 145-164.
Holidun, H., Masykur, R., Suherman, S., & Putra, F. G. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelompok Matematika Ilmu Alam dan Ilmu-Ilmu Sosial. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 29. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.2022
Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107-115. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528
Jelita, L., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi kasus kemampuan penalaran matematissiswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal TIMSS. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (SESIOMEDIKA), 803-808.
Konita, M., Asikin, M., & Asih, T. S. N. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). PRISMA,Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 611-615.
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588-595.
Lestari, M. A., Fuadiah, N. F., & ... (2023). Desain Didaktis Keliling Persegi untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edukasi Matematika, 11(1), 28-38. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14096
Marfu'ah, S., Zaenuri, Masrukan, & Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50-54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Megarani, S., & Astuti, N. D. (2019). Penggunaan Metode Paikem Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 6(02), 135. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i02.2496
Nurohmah, N. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Satuan Waktu Menggunakan Model Realistic Mathematics. Jurnal Ibtida'i, 5, 61-74.
Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069
Sobarningsih, N., Sugilar, H., & Nurdiansyah, R. (2019). Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 67. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.1054
Riswari, Lovika Ardana & Salamah, U. (2023). THE INFLUENCE OF GIBRAN GIAT EDUCATION GAME ON MATHEMATICS CONCEPTUAL UNDERSTANDING OF FOURTH GRADERS. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 9(1), 1-11.
Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2023). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.