ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA KPK DAN FPB
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa kelas 4 SDN 5 Honggosoco dalam menyelesaikan soal cerita KPK dan FPB. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa lembar wawancara dan observasi, sedangkan instrumen penelitian ini menggunakan metode tes, dimana berupa dua soal penalaran berbasis soal cerita KPK dan FPB yang dipergunakan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas 4 SD 5 Honggosoco dalam kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan hasil penelitian bahwa diperoleh hasil dengan keriteria tinggi 7 siswa, keriteria sedang 8 siswa dan keriteria rendah 5 siswa. Dengan adanya data tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan siswa di SDN 5 Honggosoco dalam menjawab penalaran soal cerita KPK dan FPB sudah cukup baik, mengingat jumlah kriteria rendah lebih sedikit dari jumlah kriteria sedang dan tinggi
Article Details
Asdarina, O., & Ridha, M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Setara Pisa Konten Geometri. Numeracy, 7(2), 192-206. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1167
Azmi, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa SD Negeri 11 Banda Sakti Lhokseumawe. JAr-Riyadhiyyat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 81-88.
Dinar, R. A., Ismaya, E. A., & Riswari, L. A. (2022). Peran Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Era New Normal di Desa Undaan Lor. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3686-3691. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.921
Ekawati, A., Agustina, W., & Noor, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Membuat Diagram. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1-7. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.881
Gultom, Fi. W., & Roesdiana, L. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Operasi Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2(1), 285. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2417
Hajar, S. S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 32-36. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1413
Hidayatullah, M. S., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Muhammad. International Journal of Elementary Education, 2(2), 93-102.
Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028-1034. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.497
Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27-33. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.2003
Meilani, M., & Maspupah, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah SD Pada Materi KPK dan FPB. Journal on Education, 2(1), 25-35. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.264
Nurjanah, S., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2017). Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Smp Kelas Viii Ditinjau Dari Perbedaan Gender. 01(02), 372-381.
Riswari, L. A., & Ermawati, D. Penalaran (2023) dan Pemecahan Masalah Matematis. Kudus: Universitas Muria Kudus.
Rosala, D. (2016). Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Ritme, 2(1), 1-26.
Unaenah, E., Annisa, M. N., Ishaq, A. R., Wiliah, A., Fauziah, R., & Noviyanti, W. (2020). Analisis Pembelajaran FPB dan KPK dengan Model Pohon Faktor dan Tabel Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(April), 75-86.
Yuntama. (2017). Analisis Penalaran Matematis Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas VIII MTS. 37-42.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.