ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VI DALAM MEMECAHKAN PERTANYAAN MATEMATIKA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis peserta didik terutama pada siswa sekolah dasar dalam memecahkan suatu pertanyaan matematika, dengan mengkaji beberapa hal mengenai kemampuan penalaran matematis dari rendahnya kemampuan penalaran matematis, faktor, serta peningkatan penalaran matematis. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data kualitatif tersebut didapatkan dari wawancara, uji tes kemampuan, observasi, dan dokumentasi. Dari data yang didapatkan diolah untuk dianalisis agar dapat menjawab fokus penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) secara garis besar kemampuan penalaran matematis siswa kelas VI di SD Negeri Raci 01 tergolong tinggi, karena hampir semua siswa dapat mengerjakan dan menyelesaikan uji tes dengan benar, (2) indikator tertinggi adalah 93% dengan indikator manipulasi matematika dan terendah 67% dengan indikator menyusun bukti terhadap kebenaran solusi, (3) terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa, (4) upaya yang dapat diaplikasikan untuk peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa.
Article Details
Habibatul Izzah, K., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 210-218.
Hadi, W. P., Muharrami, L. K., & Utami, D. S. (2021). Identifikasi Kemampuan Penalaran Ilmiah Berdasarkan Gender. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(2), 133-142.
Kadarisma, G., Rosyana, T., & Nurjaman, A. (2019). Pengaruh Minat Belajar Matematika terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP. Jurnal ABSIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 121-128.
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 588-595.
Marfu'ah, S., Zaenuri, Masrukan, & Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50-54.
Nababan, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Genta Mulia, 11(1), 6-12.
Nurfitriyanti, M., Rita Kusumawardani, R., & Lestari, I. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Ditinjau Penalaran Matematis pada Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Gantang, 5(1), 19-28.
Prajono, R., Rahmat, Maryanti, E., & Salim. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Gender. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 208-218.
Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2023). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(2), 431-439.
Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Model Spradley (Etnografi). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Yunus, N. A., Djakaria, I., & Hulukati, E. (2020). Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 30-38.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.