Main Article Content

Dinda Ayu Anitasari
Kharisma Eka Putri
Bagus Amirul Mukmin

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi siswa kelas III masih kurang memahami materi kewajiban dan hak anak di rumah yang disebabkan minimnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan media pembelajaran, untuk membuktikan kelayakan media pembelajaran ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reseacrh and Developmen (R&D) dengan model ADDIE yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), dan Evaluate (Evaluasi). Instrumen yang digunakan ada dua yaitu menggunakan angket dan post test. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif (popin) materi kewajiban dan hak anak di rumah untuk siswa kelas III SSDN Jegreg Kabupaten Nganjuk adalah sebagai berikut: (1) Hasil validitas popin diperoleh presentase rata-rata 91,66% sangat valid. (2) Hasil angket respon guru dan siswa diperoleh presentase rata-rata 93,84% kategori praktis. (3) Hasil belajar siswa melalui post test dengan menggunakan media pembelajaran popin diperoleh presentase 92,30% kategori efektif dan pada klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media popin valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Article Details

References
Akbar, S. (2013). No Title. Remaja Rosdakaya.
Alfiriani, A. (2018). Article · August 2018. August.
Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash Practicality Of Learning Media for Antibacterial Power of Sapodilla Fruit Extract Based Macromedia Flash. Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 76.
Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan PowerPoint VBA Pada Penyajian Data Berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 17–31.
Dahliana, D., Setiawati, N. S., & Taufina, T. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 2(2), 130–135. https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2211
Daryanto. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMBANG MACAPAT BERBASIS VIDEO INTERAKTIF Joko Daryanto, Karsono, Matsuri. 449.
Dewi, N. L. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76–83.
Dewi, T. M., Nurlaila, N., & Kurniawan, E. (2020). Development of Interactive Powerpoint Learning Media Theme 5 Ecosystem Subtheme 1 Ecosystem’S Component for Fifth Grade Students of Sdn 007 Tebing Karimun. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), 421. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i4.7953
Firstananda, Erba, & Sugiono. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Lingkaran Dengan Pendekatan Guided Discovery untuk Siswa Kelas VIII SMP. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Kompas.com. (2020). Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia. Kompas.Com, 2–3.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–162.
Mukmin, B. A. (2016). Pengembangan