Main Article Content

Lutfia Lutfia
Tita Tanjung Sari
Ach. Puniman

Abstract

Belajar dengan menemukan sendiri pengetahuannya maka pengetahuan siswa akan bertahan lama. Untuk mencapai hal tersebut diharapkan peserta didik dapat berperan aktif dan terlibat langsung saat proses pembelajaran. Sedangkan keaktifan peserta didik yang rendah akan berdampak pada pencapaian hasil belajar peserta didik yang rendah pula. Oleh karena itu, diperlukan adanya perhatian serta strategi untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Berperan aktif dalam belajar adalah suasana yang mestinya tercipta dalam proses pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan model pembelajaran yang efektif dan lebih menyenangkan yaitu melalui Problem Based Learning Model. Problem Based Learning Model dapat digunakan sebagai alternatif variasi model pembelajaran yang menawarkan masalah kepada peserta didik untuk memecahkan sendiri masalah yang dihadapi, sehingga peserta didik terdorong untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa bagian yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan reflekfi. Sumber data penelitian adalah siswa kelas III SDN Babbalan Batuan Sumenep, validator, dan observer penelitian. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi keaktifan peserta didik, lembar hasil belajar peserta didik dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Problem Based Learning Modelyang diterapkan dapatkan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa kelas III SDN Babbalan. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya aktifitas positif dari 58,25% menjadi 73,75% dan menurunnya aktifitas negatif dari 14% menjadi 2,70%. Selain itu hasil belajar kognitif siswa pada nilai rata-rata kelas meningkat dari 90,8 menjadi 93,3

Article Details

References
Abdullah, Sani Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Kurikulum 2013. Jakarta: BumiAksara.
Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Erniwati. (2015). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Sejarah Siswa Melalui Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Snowball Throwing di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pasaman. Jurnal Pendidikan Indonesia (Vol. 1, Nomor 1, Oktober 2015).
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Susilo, H, Chotimah, H, & Sari, D. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru. Malang: Bayu Media Publishing.
Uno, Hamzah, dan Koni, Satria. (2012). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, B. Hamzah dan Nurdin, Mohamad. (2014). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik.
Wardani. (2004) Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Yamin, M. & Ansari, B.I. (2009). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individu Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta.