Main Article Content

Muhammad Ilham Cahyo Utomo
Rizqi Nur Hidayah
Susilo Tri Widodo
Wulan Aulia Azizah
Septiana Rahmawati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan dari PBL pada pembelajaran pancasila dalam kehidupanku pada kelas V SDN Kutabawa 3. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data digunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil dari diterapkannya metode PBL yaitu meningkatnya hasil belajar dari siswa kelas V SDN Kutabawa 3 baik di ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Penggunaan metode PBL ini juga memudahkan siswa untuk lebih memahami materi dan lebih aktif. Hal yang perlu ditingkatkan pada penerapan PBL di kelas V SDN Kutabawa 3 yaitu pada proses diskusi.

Article Details

References
Akbar, A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di SMA Negeri 1 Batukliang Utara. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(1), 1-7.
Azizah, A. N., & Utari, M. F. A. (2023). Implementation Of Pbl (Problem Based Learning) On Animals Around Me In Class Iib Sdn Rejosari 01. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3977-3988.
Azis, N., Pribadi, G., & Nurcahya, M. S. (2020). Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer Dan Informatika, 4(3), 15.
Cahyono, C., Mulyana, D., Sukarliana, L., & Puspitasari, D. (2022). Analisis implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam menumbuhkan keterampilan mengemukakan pendapat pada proses pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 21(2), 87-92.
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69
Emilia, E., Rachmadyanti, P., & Fadjarwati, F. (2023). Implementasi Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika di SDN Medaeng 2 Sidoarjo. Journal on Education, 6(1), 993-1001.
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum merdeka: Persepsi guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197-210.
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi web live worksheet berbasis problem based learning dalam pembelajaran matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1-12.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Rohmah, R. K., & Wijayanti, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Pbl Pada Subtema Kelas Iii Sdn Sambirejo 02 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1722-1738.
Sanjaya, W. E., & Ratnasari, E. (2021). Profil dan Kelayakan Teoretis LKPD “Sistem Pencernaan” berbasis Problem Based Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 403–411. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p403-411
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sulaiman, & Asanudin. (2020). Analisis Peranan pendidikan dan pelatihan dalam Peningkatan Kinerja pegawai. Jurnal Akuntanika, 6(1), 38–45.
Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Suyahman, S. (2019). Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Bagi Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1).