Main Article Content

Setiawan Dwi Andika
Khoirul Anwar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan “PjBL Mesir” dalam meningkatkan kemampuan IPAS dan kerja sama peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen semu pada pre-test dan post-test, dan penelitian kualitatif pada wawancara. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 51 Gresik berjumlah 20 yang dipilih dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan data pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan uji normalitas berdistribusi normal dengan tingkat signifikansi sebesar 0,093 > 0,05 dan 0,089 > 0,05. Uji paired samples t tests diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,00 yang menegaskan bahwa peningkatan efektivitas tidak terjadi secara kebetulan. Hasil wawancara memperlihatkan bahwa penggunaan “PjBL Mesir” dapat meningkatkan kerja sama peserta didik. Peserta didik merasa senang, percaya diri, dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dengan model “PjBL Mesir”. Peserta didik juga merasa lebih mengerti tentang materi yang dipelajari dan dapat berkolaborasi dengan temannya dalam menyelesaikan proyek. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan “PjBL Mesir” dalam pembelajaran IPAS di kelas IV UPT SD Negeri 51 Gresik efektif dalam meningkatkan kemampuan IPAS dan kerja sama peserta didik. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis bagi pengembangan model pembelajaran berbasis proyek yang sesuai dengan konteks lokal dan budaya.

Article Details

References
A. Michael Huberman, dan Matthew B. Miles. Analisis data kualitatif Terj. Tjejep Rohidi. Jakarta : UI Press, 1992.
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains peserta didik ditinjau dari gender. Jurnal inovasi pendidikan IPA, 2(2), 202-212.
Anggriani, R., & Ishartiwi, I. (2017). Keefektifan metode role playing terhadap keaktifan dan kerja sama peserta didik dalam pembelajaran IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 212-221.
Anjelina, L. (2022). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 01 Baringin Anam Kabupaten Agam. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Annisa, Rifki, dkk. (2017). Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kemandirian Peserta didik Dalam Pembelajaran Hidrolisis Garam Di SMA 4 Kota Jambi. Jambi: Universitas Jambi.
Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (Pjbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49-60.
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare, 90-97.
Depila, D., Mulyasari, E., & Riyanti, E. (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN 096 SARIJADI SELATAN, BANDUNG. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1459-1468.
Kumalasari, I. D., Yulia, Y., & Khosiyono, B. H. C. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS HOTS PESERTA DIDIK KELAS IV. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5223-5324.
Murniarti, E. (2022). Penerapan Metode Project Based Learning dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 1-11.
Prabandari, I. R., & Fidesrinur, F. (2021). Meningkatkan kemampuan bekerjasama anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain kooperatif. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 96-105.
Rahayu, H., Purwanto, J., & Hasanah, D. (2017). Pengaruh model pembelajaran project based learning (pjbl) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1).
Rahayu, V., Rosana, D., & Setianingsih, W. (2017). PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK YANG DIBERI PERLAKUAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA TEMA PENJERNIHAN AIR. Jurnal TPACK IPA, 6(1), 15-20.
Rekysika, N. S. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Melalui Kegiatan Kerja Kelompok Di Kelompok A Tk N Trukan Siwates Kaligintung Temon Kulon Progo. Pendidikan Guru PAUD S-1.
Rupavijetra, P., Nilsook, P., Jitsupa, J., & Nopparit, T. (2022). Collaborative project-based learning to train students for conducting the training project for older adults. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(4), 2039-2048.
Rusilowati A., Juhadii, & Wiidyatmoko A. (2022). (Online). (https://unnes.ac.id/mipa/id/2022/04/07/konsep-desain-pembelajaran-ipas-untuk-mendukung-penerapan-asesmen-kompetensi-minimal/#:~:text=IPAS%20merupakan%20gabungan%20antara%20IPA,pembentukan%20kompetensi%20literasi%20dan%20numerasi). diakses pada 16 Oktoer 2023.
Sagala, Y. D. A., & Simanjuntak, M. P. (2019). Implementation of project-based learning (PjBL) in collaboration skills and communication skills of students.
Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736-9744.
Sukmana, I. K., & Amalia, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Kerja Sama Peserta didik dan Orang Tua di Era Pandemi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3163-3172.
Sumarni, I. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta didik Dalam Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat-Sifat Cahaya di Kelas VA Semester II Bagi Peserta didik SD Negeri Bantarkemang 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1).
Susanti, R. (2013). Penerapan Pendekatan Demonstrasi Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta didik SMA. Universitas Pendidikan Indonesia.
(Online). http://repositori.unsil.ac.id/653/6/10.%20BAB%20II.pdf diakses pada 12 Desember 2023.