Main Article Content

Isvina Unai Zahroya
Tita Tanjung Sari
Nisfil Maghfiroh Meita

Abstract

Siswa mendapatkan nilai di bawah KKM pada tiap ulangan yang disebabkan kurangnya pemahaman siswa dan kesulitan dalam memahami setiap konsep-konsep materi pada tiap tema. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk ensiklopedia tematik, mengetahui kelayakan dan mengkaji respon siswa dan wali kelas III SDN Patean II terhadap ensiklopedia tematik. Pada penelitian ini menggunakan pengembangan 4D dari Thiagarajan, yang terdiri dari tahap Defaine, Design dan Development. Untuk instrument pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi desain, materi dan format dan angket respon siswa dan wali kelas. Pada tahap uji kelayakan desain mendapatkan presentase 92%, materi 94% dan format 100% yang termasuk kategori sesuai dan tidak revisi. Tahap uji coba awal (Initial Testing) dilakukan pada kelas IV dengan 5 orang dan tahap uji coba kuantitatif (Kuantitaif Testing) dilakukan pasa semua siswa kelas III di SDN Patean II yang berjumlah 9 siswa dan wali kelas. Hasil respon siswa menunjukkan kriteria sangat baik 98% dan hasil respon wali kelas mendapatkan keriteria sangat baik 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ensiklopedia tematik layak untuk digunakan.

Article Details

References
Aldila, A. N. (2016) Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Ensiklopedia pada Materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Kelas IV SDN Tangjung Kertasono. Malang.
Apriyadi (2017) Pengembangan Ensiklopedia Bahan Praktikum Biologi Sebagai Bahan Ajar untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI. Lampung.
Ayudia, Suryanto, E. and Waluyo, B. (2016) ‘Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Laporan Hasil Observasi pada Siswa SMP’, BASASTRA jurnal penelitian bahasa, 4(1), pp. 34–49. doi: https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666.
Faried, F. S. (2017) ‘Optimalisasi Perlindungan Anak Melalui Penetapan Hukuman Kebiri’, jurnal serambi hukum, 11(01), pp. 41–55.
Fatimah, Ibda (2015) ‘Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget’, Jurnal Intelektualita, 3(1), pp. 27–38.
Handayani, I., Yuwono, I. and Madja, M. S. (2013) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Pada Materi Diagram Venn Untuk Siswa Kelas VII SMP’, Artikel skripsi, 1(1).
Huda, M. (2016) 'Pemeblajaran Berbasis Multimedia dan Pembelajaran Konvensional', Jurnal Penelitian, 10(1), pp. 125-146.
Latifa, U. (2017) ‘Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar?: Masalah dan Perkembangannya’, Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), pp. 185–196.
Murfiah, U. (2017) ‘Model Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar’, Jurnal Pesona Dasar, 1(1), pp. 57–69.
Noviana, A. N. A. (2018) ‘Ensiklopedia sains untuk siswa kelas vii smpn 1 gapura’, skripsi, pp. 1–137.
Nurkholis (2013) ‘Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi’, Jurnal Kependidikan, 1(1), pp. 24–44.
Ramadhan, Lubis. and Khadijah. (2018) ‘Permainan Tradisional sebagai Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak’, Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), pp. 177–186. doi: http://dx.doi.org./10.14421/al-athfal.42-05.
Setiabudi, A. (2016) 'Pengembangan Ensiklopedia Makanan Trsdisional Daerah Istimewa Yogyakart,' Yokyakarta.
Siregar, L. Y. S. (2016) ‘Pendidikan anak dalam Islam’, Pendidikan Anak Islam, I(2), pp. 16–32.
Sofiana, N., Dp, N. Made., and Nugroho, S. E. (2012) ‘Pengembangan Evaluasi Peta Konsep Dalam Pembelajaran Inkuiri Pada Pokok Bahasan Kalor’, Unnes Physics Education Journal, 1(2257), pp. 38–43.
Syamsudin, A. (2014) ‘Pengembangan Intrumen Evaluasi Non Tes (Informal) untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia Dini’, jurnal pendidikan anak, III, pp. 403–413.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S. and Semmel, M.I. (1974) 'Intructional Development for Training Teacher of Eceptional Children: A Sourcebook', (Indiana: Indiana University).
Ubaidillah, M. (2017) 'Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Ensiklopedia Berbasis Bioedupreneursship.' 5(1), pp. 32-40.
Wangid, Muhammad Nur. Mustadi, Ali. Erviana era Yuli. dan Arifin, Slamet. (2014) ‘Kesiapan Guru SD dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik-Integratif pada Kurikulum 2013 di DIY’, Jurnal Prima Edukasia, 2(2), pp. 175–182.
Widayat Prihartanta (2015) ‘Ensiklopedia umum (Nasional)’, Jurnal Adabiya, 5(85), pp. 1–14.