Main Article Content

Sama' Sama'
Husnul Khotimah

Abstract

Perundungan (bullying) merupakan masalah yang paling serius yang sering terjadi di lingkungan Sekolah Dasar dan dapat memberikan dampak buruk bagi perkembangan peserta didik baik dalam aspek fisik, sosial, karir, maupun belajarnya sehingga perlu diatasi agar tercipta kenyamanan di sekolah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang implementasi atau penerapan layanan Bimbingan dan Konseling dalam upaya pencegahan tindakan perundungan (bullying) di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dari teori-teori yang relevan dengan objek penelitian kemudian dianalis dengan menggunakan teknik analisis data kajian kepustakaan (library research). Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran yang dikemukakan oleh Biddle dan Thomas. Guru Bimbingan dan konseling pada tingkat sekolah dasar diintegrasikan ke dalam materi-materi pembelajaran sehingga guru kelas juga berperan sebagai guru Bimbingan Konseling. Peran guru kelas dalam mencegah terjadinya perundungan, yaitu: sebagai sosok pemberi inspirasi di sekolah dan berperan sebagai pengelola di kelas

Article Details

References
Febrianti, N., & Dewi, D. A. (2021). Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 476–482. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1772
Firdaus, F. M. (2019). Efforts to Overcome Bullying in Elementary School by Delivering School Programs and Parenting Programs through Whole-School Approach. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 49–59. https://journal.uny.ac.id/index.php/didaktika
Fitriana, M. N. F. A. A. (2023). Analisis Tindak Perundungan Siswa Sekolah Dasar dan Upaya Penanggulangannya. Yustisia Tirtayasa: Jurnal Tugas Akhir, 3(3), 287–295. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/yustisia/article/viewFile/21778/11491
Habibatullah, S., Darmiyanti, A., & Aisyah, D. S. (2021). Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 1–7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5315
K.P.A, I. (2019). Rincian Data Kasus Berdasarkan Klaster Perlindungan. Diakses pada 14.
Katyana, W. (2019). Buku Panduan Melawan Bullying. Nuha Medika, 11–18. https://dp3a.semarangkota.go.id/storage/app/media/E-book/manual-book-sudah-dong.pdf
Mahardika, P. M., Apriadi, A., & Hidayat, O. (2021). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling dalam Membangun Karakter Siswa Pelaku Perundungan (Studi Kasus SMA/SMK Sederajat di Kecamatan Alas). KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science, 3(1), 40–52. https://doi.org/10.36761/kagangakomunika.v3i1.1059
Maritim, E. (2023). Pencegahan Dan Upaya Mengatasi Tindak Perundungan Di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 17(1), 205–211. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16094
Maulan, M. A., Hanurawan, F., & Karmiyati, D. (2021). Buku Pedoman Psikoterapi Kelompok Gotong Royong Untuk Mengatasi Kasus Bullying Di Sekolah. In Eureka Media Aksara (1 ed.). Eureka Media Aksara. https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/353998-buku-pedoman-psikoterapi-kelompok-gotong-2ac48d7b.pdf
Mufrihah, A. (2016). Perundungan Reaktif di Sekolah Dasar dan Intervensi Berbasis Nuansa Sekolah. Jurnal Psikologi, 43(2), 135–153. https://journal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/15441/15174
Nasution, H. S., & Abdillah. (2019). Bimbingan Konseling Konsep, Teori an Aplikasinya (R. Hidayat (ed.)). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). https://repository.syekhnurjati.ac.id/1007/
Nursasari. (2017). Penerapan Antisipasi Perundungan (Bullying) pada Sekolah Dasar di Kota Tenggarong. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 187–208. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/syamil/article/download/926/575
Oktavia, T., Sakarsari, N., Nanda, V. P., Jannah, M., Pratiwi, N. A., & Qomisatun, P. A. (2022). Studi kasus Perundungan Terhadap belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 1349–1358. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/9696/7413
Puspitasari. (2023). Mengembangkan Kesadaran Diri pada Siswa Untuk Mencegah Tindak Perundungan di Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal, 4(1), 16–22. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/download/901/376/4233
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian (T. Koryati (ed.); 1 ed.). KBM Indonesi. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/16455/1/E-Book Metodologi Penelitian Syafrida.pdf
Saputra, W. N. E. (2019). Bimbingan Kedamaian Strategi Konselor Mereduksi Agresivitas. K-Media. https://eprints.uad.ac.id/21625/1/Bimbingan Kedamaian.pdf
Setiowati, A., & Dwiningrum, S. I. A. (2020). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar Untuk Mengatasi Perilaku Bullying. Elementary School 7, 7(2), 188–196. https://dp3a.semarangkota.go.id/storage/app/media/E-book/manual-book-sudah-dong.pdf
Sudrajat, T., Utami, A. Y., Dinata, R. P., & Ihsan, M. (2016). Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Sekolah Dasar (Vol. 01). Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://www.batukarinfo.com/system/files/63208014-fa7b-4127-952a-a02f40c4a86f.pdf
Supriyatno, Tafiati, H., Syaifuddin, M. A., Sukesi, D. A., Sumarsono, Bachtiar,