PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DENGAN AJARAN TRI NGA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis lingkungan terintegrasi ajaran Tri Nga dengan kelompok siswa yang belajar secara konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus Sumberarum Kapanewon Moyudan. Desain penelitian yaitu desain eksperimental semu (quasi experimental design). Sampel penelitian diambil dengan teknik Simple Random
Sampling kemudian terpilih dengan jumlah 20 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan 20 orang siswa sebagai kelas kontrol pada kelas V. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar IPA. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inverensial, dimana statistik inverensial terbagi menjadi tiga yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian didapatkan: 1) adanya perbedaan hasil belajar
IPA pada siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis lingkungan dengan ajaran Tri Nga dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, dan 2) adanya pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan dengan ajaran Tri Nga terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD di Gugus Sumberarum.
Article Details
Astiati, S. D. A. S. D. (2023). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI SD Kuwu Ruma Desa Lambu Kecamatan Lambu Kabupaten Bima. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1).
Fatahullah, M. M., Pratiwi, A. R., & Rapi, M. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 5(2), 141-146.
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620.
Nugroho, S. A., & Nugroho, N. (2016). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Teori Konstruktivisme Berbasis Media Wondershare Quizcreator. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 4(2), 73–78.
Nurmawati, A. D., Nisa, A. F., Rosianawati, A., Artopo, B., Ashar, R., Erva, L., & Bestiana, N. (2022). Implementasi Ajaran Tamansiswa “Tri Nga” Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(2), 1366-1372.
Nurrohim, N., Suyoto, S., & Anjarini, T. (2022). Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(1), 60-75.
Ridwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: PT Alfabeta
Tiarani, V. A. (2018). Pembelajaran IPA di sekolah dasar. dalam http://staffnew. uny. ac. id/upload/132306624/pengabdian/PEMBELAJAR AN+ IPA+ di+ SEKOLAH+ DASAR+. pdf, diakses tanggal, 1.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyani, K., Astawan, I. G., & Renda, N. T. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery learning Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 512-519.
Widyarini, I. N & Istiqomah. (2018). Penerapan Ajaran Ki Hajar Dewantara “TRI NGA” Dalam Pemebelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia. 2018(Snips), 442–447. ISBN: 978-602-6258-07-6
Wiryopranoto, S. dkk. (2017). Ki Hadjar Dewantara-Pemikiran dan Perjuangannya. Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Sosial dan Kebudayaan: Museum Kebangkitan Nasional.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.