Main Article Content

Moh. Toriqatul Anshori
Nisfil Maghfiroh Meita
Tita Tanjung Sari
Khairun Nisa

Abstract

Kurikulum 2013 mengemas pembelajaran dalam bentuk tematik, namun masih banyak media pembelajaran non-tematik di sekolah dasar. Tujuan penelitian adalah mengembangkan med ia pop- up book tipe shared untuk kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan 7 dari 10 tahapan model pengembangan Borg and Gall. Ukuran Pop-Up Book A5, 2 Dimensi dengan kertas foto paper 260 gsm, terdiri dari 6 pembelajaran pada Tema 8 subtema 1 “Lingkungan Tempat Tinggalku”, tematik Tipe Shared (dua mata pelajaran) pada setiap pembelajaran. Media Pop-Up Book Tema 8 Subtema. Instrumen yang digunakan yaitu: 1) Validasi media dan materi; serta 2) Angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis sesuai dengan persentase kriteria kelayakan media, materi, dan respon siswa. Hasil persentase validasi media sebesar 100% dan validasi materi sebesar 95% dengan kategori sesuai dan tidak revisi. Tahap uji coba terbatas dengan 6 siswa kelas IV sekolah dasar dengan persentase respon siswa sebesar 97,5% (sangat baik).

Article Details

References
Devi, Anggit Shita; Maisaroh, Siti, (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop- Up Wayang Tokoh Pandawa Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD, Jurnal PGSD Indonesia 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Hamalik, Arsyad. 2016. Media Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Handaruni, Dewanti; Anselmus, J E; dan Toenlioe, Y. S. (2018). Pengembangan media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakuaden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3) 221–228. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/viewFile/4551/3408
Lismayanti, Meri, et al. (2016)."Pengembangan Buku Pop Up Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Crustacea Untuk SMA Kelas X." Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Humaniora, vol. 18, no. 1,
Mustadi, Ali. 2018. Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press
Nikmah, S., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbantu Media Pop- Up Book Terhadap Hasil Belajar. Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbantu Media Pop- Up Book Terhadap Hasil Belajar, 2(2), 264. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17920
Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Sub Tema Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta
Supriyono, (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. %20Belajar%20Siswa%20SD%20_%20Supriyono%20_%20EduStream_%20Jurnal%20Pendidikan%20Dasar.html

Author Biography

Nisfil Maghfiroh Meita, [Sinta ID: 6002322], University of Wiraraja

[Sinta ID: 6002322]