PENGGUNAAN MEDIA BALON UDARA KALIMAT AKTIF DAN PASIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK FASE A
Main Article Content
Abstract
Memotivasi belajar peserta didik tentunya bukan hal yang mudah, terkadang sebagai guru sudah berusaha agar peserta didik memiliki motivasi dalam belajar akan tetapi dari diri peserta didik belum ada kemauan lebih akan hal tersebut. Padahal motivasi belajar harus tercipta dulu dari dalam diri sendiri. Untuk meningkatkan motivasi belajar, guru bisa menggunakan media pembelajaran yang sekiranya mampu menjadi daya tarik sehingga dengan hal itu mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penggunaan media kalimat aktif dan pasif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik fase A yaitu di kelas II SDN Rejosari 01. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif, mengunakan pendekatan studi kasus, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan media balon udara kalimat aktif membuat motivasi belajar peserta didik meningkat dibuktikan dengan hasil observasi dan evaluasi setelah pembelajaran dilaksanakan karena peserta didik merasa antusias selama mengikuti pembelajaran menggunakan media balon udara kalimat aktif dan pasif.
Article Details
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Fahrudin, F., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2, 1304–1309. https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp
Harmoko, Kilwalaga Asna, I., Rahmi, S., Selviana Adoe, V., Dyanasari, & Arina, F. (2022). Buku Ajar Metodologi Penelitian. Feniks Muda Sejahtera. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=x2JlEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Penelitian+kualitatif+adalah+sebuah+penelitian+yang+dilaksanakan+secara+alamiah,+dalam+kondisi+dan+keadaan+yang+apa+adanya+tanpa+adanya+manipulasi+serta+menekankan+deskripsi+secar
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Husnul, K. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, VII, 5–11.
Icha Timart Diany Sinaga, Netto W. S. Rahan, & Abdul Rahman Azahari. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN Nanga Bulik 6 Kabupaten Lamandau. Journal of Environment and Management, 3(1), 55–61. https://doi.org/10.37304/jem.v3i1.4286
Lestari, Y. D. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 73–80. https://doi.org/10.52217/lentera.v16i1.1081
Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303
Nissa, Siti Faizatun dan Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(5), 2854–2860. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/educenter/index
Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992
Pramuji, L., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2018). Multimedia Interaktif Berbasis Stem Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Science Education And Practice, 2, 1–15.
Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855–4861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960
Rizal Pahleviannur, M., De Grave, A., Nur Saputra, D., Merdianto, D., Hafrida, L., Oktoviana Bano, V., Edy Susanto, E., Januar Mahardhani, A., Amruddin, Doddy Syahirul Alam, M., Lisya, M., Bayu Ahyar, D., & Sinthania, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=thZkEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT5&dq=pengertian+teknik+dokumentasi+kualitatif&ots=8igBQzqJHF&sig=ZuxIlmAgVX4wwK5uyvKL8acFHkM&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326
Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44
Y.Supriani, Ulfah, & Arifudin, O. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar (JAA), 1(1), 1–10.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.