HUBUNGAN PENGUASAAN KOSA KATA DENGAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN DIALOG PENDEK MAHASISWA AKUNTANSI DALAM RANAH ENGLISH FOR ACCOUNTANT
Main Article Content
Abstract
Di univesitas Wiraraja, mahasiswa akuntansi dibekali pengetahuan komplementer sebagai penunjang akademik utama, salah satunya adalah bahasa Inggris Mendengarkan sebagai salah satu keteramplan yang harus dipelajari dalam pembelajaran bahasa Inggris memiliki rule tersendiri agar mampu dikuasi oleh pembelajar, salah satnya adalah penguasaan kosa kata. Seorang mahasiswa akan sulit mendapat informasi dari apa yang mereka dengarkan tanpa mengetahui arti kata yang disebutkan. Hal ini karena kosa kata merupakan element dasar dalam pembelajaran bahasa sejak fase dasar.
Dalam penelitian ini, digunakan analisa statistik (korelasi pearson) untuk menganalisa data-data yang diperoleh. Berdasarkan data dengan analisa menggunakan korelasi pearson, diketahui bahwa nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dengan derajat hubungan 0,882. Hal ini menandakan bahwa ada korelasi sempurna antara penguasaan kosa kata dengan keterampilan mendengarkan (listening). Dengan kata lain, semakin tinggi penguasaan kosa kata, maka semakin tinggi keterampilan mendengarkan mahasiswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata bahasa Inggris dengan keterampilan mendengarkan dialog pendek dalam ranah English for Accountant. Diharapkan mahasiswa akuntansi dapat meningkatkan penguasaan kosa kata melalui keterampilan medengarkan dialog berbahasa Inggris yang befokus pada Englis for Accountant. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Wiraraja semester 1 kelas I B dengan jumlah masahsiswa sebanyak empat puluh. Hal ini dikarenakan pada semester 1, mereka menempuh mata kuliah bahasa Inggris.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.