PENERAPAN PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN IPAS KELAS IVB KARANGANYAR GUNUNG 02
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan dari PBL pada pembelajaran IPAS untuk meningkatkan kemampuan pada kelas IV SDN Karanganyar Gunung 02. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data digunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil dari diterapkannya metode PBL yaitu meningkatnya hasil belajar dari siswa kelas IV SDN Karanganyar Gunung 02 baik di ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Penggunaan metode PBL ini juga memudahkan siswa untuk lebih memahami materi dan lebih aktif. Hal yang perlu ditingkatkan pada penerapan
Article Details
Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736-9744.
Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (Pjbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49-60.
Kumalasari, I. D., Yulia, Y., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Berbasis Hots Peserta Didik Kelas IV. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5223-5324.
Rahayu, H., Purwanto, J., & Hasanah, D. (2017). Pengaruh model pembelajaran project based learning (pjbl) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1).
Sumarni, I. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta didik Dalam Mata Pelajaran IPA Tentang SifatSifat Cahaya di Kelas VA Semester II Bagi Peserta didik SD Negeri Bantarkemang 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1).
Annisa, Rifki, dkk. (2017). Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kemandirian Peserta didik Dalam Pembelajaran Hidrolisis Garam Di SMA 4 Kota Jambi. Jambi: Universitas Jambi.
Murniarti, E. (2022). Penerapan Metode Project Based Learning dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 1-11.
Depila, D., Mulyasari, E., & Riyanti, E. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kerjasama Peserta Didik Kelas III Di Sdn 096 Sarijadi Selatan, Bandung. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1459- 1468
Rekysika, N. S. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Melalui Kegiatan Kerja Kelompok Di Kelompok A Tk N Trukan Siwates Kaligintung Temon Kulon Progo. Pendidikan Guru PAUD S-1
Anggriani, R., & Ishartiwi, I. (2017). Keefektifan metode role playing terhadap keaktifan dan kerja sama peserta didik dalam pembelajaran IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 212-221.
Anjelina, L. (2022). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 01 Baringin Anam Kabupaten Agam. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare, 90-97.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9)
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.