PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan alat peraga ular tangga untuk mengkaji peningkatan prestasi peserta didik kelas 2 SDI Al Madina Semarang pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Menaati Aturan di Sekitar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, dan motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan satu kelas 2A dengan jumlah 28 peserta didik. Data dikumpulkan berdasarkan hasil dari pengamatan dan evaluasi. Temuan dari pengkajian ini menunjukkan implementasi dari penerapan pembelajaran berbasis Problem Based Learning dengan memanfaatkan alat peraga berbentuk ular tangga menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh presentase hasil nilai aspek pengetahuan peserta didik sebesar 77% dengan kriteria baik, kemudian siklus 2 semakin bertambah perolehan nilainya menjadi 93% dengan kriteria sangat baik. Selain itu pada keterampilan fisik siklus 1 menghasilkan nilai dengan jumlah 83% dengan kriteria baik, dan di siklus 2 terdapat peningkatan perolehan nilai dengan jumlah 97% dan masuk pada kriteria sangat baik.
Article Details
Mawardi. (2017). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria Vol. 8 No. 1, 26 – 40.
Pramitasari, 2021. Media Papan Pintar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 2 Payaman Nganjuk. Jurnal Tindakan Kelas, (Online), Jilid 2, No. 1, (https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/47), diakses 21 Februari 2024.
Sudjana, N. (2011). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Trianto, (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Yuafian, 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Riset Pendidikan Dasar, (Online), Jilid 1, No. 18, (https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/3216/0), diakses 20 Februari 2024.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.