Main Article Content

Riska Andriani
M. Saifuddin Zuhri

Abstract

Abstrak:  Implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan alat peraga  ular tangga untuk mengkaji peningkatan prestasi peserta didik kelas 2 SDI Al Madina Semarang pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Menaati Aturan di Sekitar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, dan motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan satu kelas 2A dengan jumlah 28 peserta didik. Data dikumpulkan berdasarkan hasil dari pengamatan dan evaluasi. Temuan dari pengkajian ini menunjukkan implementasi dari penerapan pembelajaran berbasis Problem Based Learning dengan memanfaatkan alat peraga berbentuk ular tangga menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh presentase hasil nilai aspek pengetahuan peserta didik sebesar 77% dengan kriteria baik, kemudian siklus 2 semakin bertambah perolehan nilainya menjadi 93% dengan kriteria sangat baik. Selain itu pada keterampilan fisik siklus 1 menghasilkan nilai dengan jumlah 83% dengan kriteria baik, dan di siklus 2 terdapat peningkatan perolehan nilai dengan jumlah 97% dan masuk pada kriteria sangat baik.

Article Details

References
Astute, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Penyusunan Instrumen Ranah Sikap melalui in house training. Scholaria Vol. 4 No. 1, 37 – 47.
Mawardi. (2017). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria Vol. 8 No. 1, 26 – 40.
Pramitasari, 2021. Media Papan Pintar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 2 Payaman Nganjuk. Jurnal Tindakan Kelas, (Online), Jilid 2, No. 1, (https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/47), diakses 21 Februari 2024.
Sudjana, N. (2011). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Trianto, (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Yuafian, 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Riset Pendidikan Dasar, (Online), Jilid 1, No. 18, (https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/3216/0), diakses 20 Februari 2024.