PENERAPAN MEDIA WORDWALL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK IV B SDN PANDEANLAMPER 03 MATERI BAHASA INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik IVB SDN Pandeanlamper 03 Materi Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pandeeanlamper 03 pada kelas IV B. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV B di SDN Pandeanlamper 03 kota semarang yang berjumlah 27 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pra-Eksperimental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-test dengan menggunakan spss 25 sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji paired sampel t-test dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa secara signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media wordwall.
Article Details
Fauhah, H. &. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334.
Intan Mustika Dewi, F. R. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Stem Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas Va Tema 6 Subtema 1 Di SDN Kalicari 02 Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, Volume 09 Nomor 04.
Kasyadi, Y. K. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengtahuan Alam Menggunakan Tipe Jigsaw di Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(8), 3.
Khairunisa, Y. (2021). Pemnafaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chase-wordwall sebagai media pembelajaran digital mata kuliah statistika dan probabilitas. jurnal kajian dan terapan media, bahasa, komunikasi, 7 (1), 117.
Launin, S. N. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3),216–223.
Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas Iv Sd N 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 1-6.
Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: CV Pustaka Abadi.
Melvin, T. &. (2017). Hubungan Antara Disiplin Belajar di Sekolah dengan Hasil Belajar Geografi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 1(1), 1–14.
Mutia Safitri, N. M. (2022). Penerapan Media Web Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 2 Langsa. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 9 No. 1.
Patonah, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diskursus Multy Reprecentacy ( Dmr ). 6(2), 83–88.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research And Development/R&D). Alfabeta.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.