Main Article Content

Fatwatul Ummah
Khusnul Fajriyah
Estiyani Estiyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  Penerapan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik IVB SDN Pandeanlamper 03 Materi Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pandeeanlamper 03 pada kelas IV B. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV B di SDN Pandeanlamper 03 kota semarang yang berjumlah 27 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pra-Eksperimental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-test dengan menggunakan spss 25 sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji paired sampel t-test dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa secara signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media wordwall.

Article Details

References
Asyafiq, S. (2016). Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 5, No. 1, hal. 29.
Fauhah, H. &. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334.
Intan Mustika Dewi, F. R. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Stem Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas Va Tema 6 Subtema 1 Di SDN Kalicari 02 Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, Volume 09 Nomor 04.
Kasyadi, Y. K. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengtahuan Alam Menggunakan Tipe Jigsaw di Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(8), 3.
Khairunisa, Y. (2021). Pemnafaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chase-wordwall sebagai media pembelajaran digital mata kuliah statistika dan probabilitas. jurnal kajian dan terapan media, bahasa, komunikasi, 7 (1), 117.
Launin, S. N. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3),216–223.
Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas Iv Sd N 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 1-6.
Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: CV Pustaka Abadi.
Melvin, T. &. (2017). Hubungan Antara Disiplin Belajar di Sekolah dengan Hasil Belajar Geografi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 1(1), 1–14.
Mutia Safitri, N. M. (2022). Penerapan Media Web Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 2 Langsa. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 9 No. 1.
Patonah, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diskursus Multy Reprecentacy ( Dmr ). 6(2), 83–88.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research And Development/R&D). Alfabeta.