PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS I
Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar dari peserta didik di kelas I SDN Gajahmungkur 04 melalui penerapan gabungan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL dan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Adapun permasalahan yang ditemui antara lain : (1) peserta didik kurang berpartisipasi aktif saat proses pembelajaran berlangsung. (2) hasil belajar yang masih dalam kategori rendah. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas I SDN Gajahmungkur 04 dengan subjek penelitian sejumlah 27 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, dimana pada tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Data penelitian yaitu berupa hasil belajar melalui teknik tes, dan aktivitas belajar peserta didik melalui kegiatan observasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada siklus I dan sikuls II. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus I yaitu 37,5% dan 41,76%. Sedangkan pada siklus II memperoleh hasil yaitu 62,5% dan 83,33%. Untuk aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu pada sikuls I dengan hasil 72,92% dan 75%. Pada siklus II diperoleh hasil 82% dan 85%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan gabungan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik.
Article Details
Amir, dkk. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 1 (2), 22-34.
Ariaten, K. R., Feladi, V., Dedy, R., & Budiman, A. (2019). Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 1(1).
Arikunto, S. & Safruddin A.J. (2007). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktik bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Astutik, T. & Abdullah, M.H., (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2), 1-11.
Faisal, 2014. Sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Diandra Creative.
Hamzah B.Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Julianto, dkk.2011. Teori dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya : Unesa University Press.
Masitoh, D. (2019). Model Pembelajaran PAILKEM Sebagai Upaya Mengembangkan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Al-Iātibar: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 92-97.
Mulyasa. 2012. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.